Oleh : Syamhudi

Jakarta, MediaProfesi.com – Gelaran pesta akbar tahunan Festival Jakarta Great Sale (FJGS) 2013 yang memasuki tahun ke-6 dalam menyambut HUT DKI Jakarta ke-486 membidik wisatawan manca negara asal Asia dan Timur Tengah untuk berbelanja di Jakarta.

FJGS 2013 yang senantiasa ditunggu tidak hanya oleh masyarakat yang tinggal di wilayah Jakarta dan sekitarnya, tetapi juga oleh masyarakat Indonesia pada umumnya demikian pula halnya oleh wisatawan manca negara. Kegiatan pesta diskon ini didukung oleh 74 mal dan 7000 outlet yang ada di wilayah kota Jakarta akan digelar mulai tanggal 1 Juni hingga 14 Juli 2013.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Pengusaha Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Darwin Aroni mengatakan gelaran akbar FJGS tahun ini menargetkan pengunjung yang datang untuk berbelanja di Jakarta, tidak hanya pada masyarakat Jakarta dan sekitarnya, tetapi juga wisatawan lokal dan wisatawan manca negara.

“Untuk wisatawan manca negara (Wisman) kami fokus kepada kawasan Asia dan Timur Tengah. Namun demikian tidak menutup kemungkinan terhadap Wisman yang berasal dari Eropa, Amerika, Afrika dan sebagainya,” kata Darwin dalam jumpa pers ke-2 di mal Senayan City, Jakarta, hari ini, Kamis (23/5/2013).

Darwin menjelaskan, dalam penyebar luasan informasi keberadaan FJGS ini didukung oleh Asosiasi Tour & Travel Indonesia (ASITA) dengan penyebaran brosur ke wilayah Asia dan Timur Tengah ke lokasi-lokasi yang potensial dikunjungi wisatawan, diantaranya hotel, pusat perbelanjaan dan tempat-tempat wisata.

Ketua Umum ASITA, Herna P.Danuningrat mengungkapkan dalam mensosialisasikan adanya kegiatan FJGS 2013 di kawasan Timur Tengah, pihaknya telah menyiapkan brosur dalam dua bahasa yaitu bahasa Arab dan bahasa Inggris, agar memduahkan bagi masyarakat Timur Tengah mengetahui adanya kegiatan ini setelah mereka membaca brosur.

Brosur tersebut disebar dalam kegiatan pameran pariwisata di Kuwait dan Saudi Arabia Expo, selian itu juga dibagikan di hotel, mal, dan dalam setiap kegiatan seminar serta kegiatan lainnya.

“Kami juga memasang iklan di majalah Millenium Millioner, karena ini majalah khusus yang dibaca oleh kalangan eksklusif, jadi setelah mereka membaca dan mengetahui kemudian berkunjung ke Indonesia,” ujar Herna.

Herna menjelaskan alasan dalam membidik wisatawan asal Timur Tengah ini, mengingat jarak dengan Indonesia dekat, kemudian mereka itu doyan belanja dan bisa 10 kali lipat bila dibandingkan dengan wisatawan Eropa dan negara lainnya.

Alasan lainnya yaitu orang Timur Tengah kalau berkunjung ke Indonesia, mereka tinggal lebih lama atau rata-rata lebih dari 7 hari. Dan mereka juga menginapnya itu minimal hotel bintang empat dan lima.

Ditambahkannya, pada FJGS 2013 ini, pihaknya menargetkan terjadinya peingkatan transaksi antara 10 hingga 15 persen dari tahun lalu yang mencapai Rp 10,7 triliun.

Hal yang menarik dari FJGS 2013 kali ini, selain dimeriahkan dengan gebyar potongan harga hingga 70% dari berbagai merek favorit, juga dilaksanakannya Grand Midnight Sale pada tanggal 21 Juni 2013 yang serentak dilaksanakan dalam waktu bersamaan di 13 mal di Jakarta, yang tentunya memberikan diskon pembelian yang sangat pantastis.

Kemeriahan dan gemerlap tidak hanya pada pesta diskon yang diberikan kepada pengunjung, tetapi juga suasana di seluruh pusat perbelanjaan yang berpartisipasi pun akan dihiasi dengan dekorasi khas adat Betawi seperti di pintu utama ada pernak penik kebudayaan Betawi semisal ondelondel dan juga customer service dari mal itu juga akan menggunakan pakaian adat Betawi.

Wakil Sekjen DPP Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (APRINDO), Satria Hamid menambahkan, pesta diskon yang dilakukan di Jakarta ini sebetulnya jauh lebih murah bila dibandingkan pelaksanaan kegiatan potongan harga yang sama dilakukan oleh negara lain.

Satria mencontohkan great sale yang dilakukan semisal negara tetangga kita Singapura dan Malaysia, dimana kalau harga barang yang telah di disikon di Malaysia dengan dengan harga Rp 900.000 tapi di Jakarta hanya Rp 700.000, hal ini dengan barang dan kualiti dan mutu yang sama.

“Jadi harga di Jakarta jauh lebih murah Rp 200.000, jadi kita harus membandingkan apple to apple,” terangnya.

Dan bagi pengunjung yang berbelanja menggunakan Shopper Card berhak mengikuti program undian berhadiah untuk mendapatkan hadiah utama berupa 1 unit mobil premium asal Eropa yaitu VW Touran persembahan dari Volkswagen Indonesia, tabungan senilai Rp 50 juta dari Bank BRI, puluhan hadiah istimewa persembahan Samsung dan hadiah-hadiah menarik lainnya.

Sedangkan pengumuman pemenang bagi pemegang Shopper Card akan dilakukan pada tanggal 10 Juli mendatang. * (Syam)