Oleh : Syamhudi

Jakarta, MediaProfesi.com – Menjelang berlakunya ASEAN Economic Community 2015 (AEC 2015), sekitar 60 perusahaan terkemuka dari Thailand berpartisipasi dalam gelaran Thailand Trade Show ke-8 yang akan berlangsung pada tanggal 6-9 Juni 2013 di Jakarta Convention Center.

Direktur Departemen Promosi Perdagangan Internasional (DITP), Departemen Perdagangan Kerajaan Thailand, Thai Trade Center, Jakarta, Ms. Vilasinee Nonsrichal menjelaskan, dalam kegiatan ini akan dipamerkan produk-produk berkualitas baik dengan desain kreatif, mulai dari makanan dan minuman, fashion dan aksesoris, gift dan barang-barang rumah tangga serta produk industri lainnya.

“Dalam gelaran Thai Trade Show kali ini berbeda dengan kegiatan yang pernah dilaksanakan pada tahun sebelumnya yang fokus dalam retail. Namun, pada kali ini kami akan lebih memperkenalkan berbagai produk baru dengan kualiatas baik kepada pengusaha, importir dan masyarakat Indonesia,” ujar Ms. Vilasinee dalam jumpa pers di Blue Elephant Resto, Jakarta hari ini, Rabu (29/5/2013).

Ms. Vilasinee berharap dengan Thailand Trade Show ini dapat memberikan kesempatan bisnis yang besar terutama bagi importir Indonesia untuk bertemu dengan produsen maupun eksportir Thailand yang membawa produk mereka langsung dari Thailand ke Indonesia.

Tahun ini Thailand Trade Show terutama difokuskan pada bisnis yang cocok dan berbagai sektor potensial Thailand. Restoran Blue Elephant adalah contoh, yang didirikan oleh investor Indonesia dan perusahaan Thailand pada tahun 2008.

Sedangkan produk dan jasa yang ditampilkan dan sekaligus untuk mencari mitra bisnis potensial seperti : Buah segar Thailand, Makanan & Minuman, Mesin, Autoparts & Aksesoris, peralatan rumah tangga, Konstruksi Bahan, Produk Dapur, Jewelry & Aksesoris Mode, Garmen dan Tekstil, Gift dan Dekorasi Produk, Serta Thai Restaurant.

Pada kesempatan ini, pengunjung berkesempatan mencicipi makanan Thai dari restoran lokal Thailand, mencicipi beberapa buah segar Thailand, mencoba tradisional Thai Massage, menikmati berbagai pertunjukan daerah Thai dan berbagai program menarik lainnya.

Thai Trade Show ini selain diperuntukan bagi kalangan pengusaha, importir dan juga masyarakat umum. Karena tujuan kami, lanjut Ms. Vilasinee juga ingin memperkenalkan produk-produk yang kami pamerkan ini adalah cocok untuk dikomsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Selain melakukan kegiatan Thai Trade Show, juga pada tanggal 5 Juni 2013 akan dilaksanakan seminar dengan keynote speech Menteri Perdagangan RI, Gita Irawan Wirjawan dan Menteri Perdagangan Kerajaan Thailand, Mr. Boonsong Teriyapirom.

Disamping itu juga, akan dilaksanakan Gala Dinner antara pengusaha Thailand dan pengusaha Indonesia dan rencananya akan dihadiri oleh Menteri Perdagangan Kerajaan Thailand, Mr. Boonsong Teriyapirom.

“Disamping dilaksanakan Thai Trade Show ini di Jakarta, kami juga akan melakukan road ke beberapa kota besar di Indonesia, diantaranya, Surabaya, Makassar, Medan dan Bali,” tuturnya. * (Syam)