Oleh : Syamhudi

Jakarta, MediaProfesi.com - Produser cocoa terbesar di dunia adalah Ivory Coast dan Ghana. Kedua negara ini menghasilkan 50% dari supply cocoa global.

Sementara Produser utama komoditi cocoa lainnya adalah berasal dari Indonesia, Nigeria, Cameroon, Ecuador dan Brazil.


Di JFX ada kontrak berjangka CC5 yang ditransaksikan dalam unit Rp/Kg. CC5 adalah kontrak berjangka cacao.

Perbedaan Cacao, Cocoa, Chocolate

Cacao
Kata Cacao berasal dari bahasa Aztec Cacahuatl/Cacahua, yang oleh bangsa Spanyol diucapkan Cacao. Cacao merujuk pada biji yang berbentuk kacang dari pohon coklat. Kata Cacao digunakan saat menyebut cokat yang masih mentah dan murni (belum diproses). Sebagai contoh pohon coklat bisa juga disebut pohon Cacao, biji coklat disebut juga biji cacao.


Cocoa
Cocoa merujuk pada bubuk coklat atau minuman yang terbuat dari campuran coklat, susu, dan gula. Dalam industri coklat, kata cocoa artinya produk mentah hasil olahan biji cacao, misalnya cocoa powder, cocoa butter, cocoa mass.

Produk ini banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan coklat olahan yang siap makan (cokelat batangan, cokelat masak, meses).


Chocolate
Chocolate (coklat) adalah hasil olahan (di pabrik) biji coklat yang dicampur dengan ragam bahan lainnya. Suatu komoditi disebut Chocolate jika di dalamnya masih mengadung cocoa dalam kadar tertentu (berbeda standar untuk di setiap negara).

Apabila kurang dari kadar tertentu, maka produk tidak dapat dikategorikan sebagai coklat. Negara UniEropa menerapkan standard mutu yang ketat untuk coklat, dimana konsumsi coklat di kawasan ini tergolong. Semakin tinggi kandungan cocoa bermutu dalam produk, harganya semakin mahal. * (Syam)