Oleh : Syamhudi

 

Jakarta, Mediaprofesi.com - Indonesia merupakan negara yang berada di urutan ke-4 dengan prevalensi diabetes tertinggi di dunia setelah India, China, dan Amerika Serikat. Bahkan jumlah pengidap diabetes terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

 

Data WHO memperkirakan jumlah penderita diabetes melitus (DM) tipe 2 di Indonesia akan meningkat signifikan hingga 21,3 juta jiwa pada 2030 mendatang.

 

“Penyakit diabetes adalah penyakit kecenderungan genetik atau sesuai garis keluarga,” ujar Putera Indonesia 2017, Reynaldi Rivaldo saat tampil sebagai pembicara dalam Seminar “Taiwan Excellence, Excellence Lifestyle” pada hari Jumat pekan lalu (21/9/2018), di Selatan.

 

Reynaldi mengakui bahwa dirinya sendiri memiliki garis keturunan diabetes dari orang tua saya. Namun dengan berolahraga secara rutin dan teratur, syukurlah saat ini saya memiliki tubuh yang sehat.

 

Seminar yang mengangkat persoalan kesehatan dan gaya hidup masyarakat Indonesia tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara Taiwan Excellence Day yang diadakan pada 20-22 September 2018.

 

Pada sesi pertama, tampil Bapak Felix Chuang selaku Kepala Representatif Bionime Indonesia, yang mengangkat tema “Hidup Tanpa Diabetes” untuk mengedukasi dan meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya pemeriksaan gula darah.

 

Sesi kedua diisi oleh Reynaldi Rifaldo bersama Bapak Andyono Putranto selaku Representatif Deltacycles di Indonesia, membicarakan pentingnya berolahraga secara rutin dan teratur yang dapat dilakukan dengan menggunakan produk-produk berkualitas peraih penghargaan Taiwan Excellence Award, seperti treadmill berbentuk elevator dari Intenza, maupun sepeda lipat dari Deltacycles.

 

“Sepeda lipat cocok digunakan di Jakarta, di tengah kemacetan yang merajalela dan penerapan ganjil genap yang berlaku di sebagian besar jalan protokol di ibukota,” ujar Andyono Putranto.

 

Dengan bersepeda, sambungnya, kita dapat lebih cepat sampai di tempat tujuan, badan juga lebih sehat karena tubuh menghasilkan hormon endorphin yang membuat pikiran kita lebih happy. Hasilnya pikiran kita akan lebih jernih saat mengambil keputusan penting dalam pekerjaan.

 

Andyono menambahkan bahwa sepeda lipat merupakan solusi praktis untuk berolahraga secara rutin dan teratur. Dapat dibawa secara mudah, baik saat menghadiri pertemuan bisnis di gedung-gedung perkantoran, maupun ketika bertemu dengan teman-teman atau kolega di pusat-pusat perbelanjaan.

 

“Bahkan ketika hujan turun; kita tinggal menepi, panggil taxi, lipat sepeda, masukkan ke taxi lalu pulang. Sepraktis itu,” jelasnya.

 

Sebagai informasi, Taiwan Excellence Day diselenggarakan oleh Taiwan External Trade and Development Council (TAITRA), dibawah pengawasan dari Bureau of Foreign Trade (BOFT) of the Ministry of Economic Affairs (MOEA) of Taiwan.

 

Menampilkan 21 brand ternama asal Taiwan, seperti Bionime, Deltacycles, maupun Intenza, perhelatan yang digelar untuk pertama kalinya ini memiliki target untuk memperluas pasar di Indonesia pada tahun 2018. * (Syam)