Oleh : Syamhudi

 

Jakarta, Mediaprofesi.com - Kapal Api Global, kelompok perusahaan dengan pangsa pasar produk minuman kopi yang mencapai 60% di Indonesia,turut hadir sebagai gold sponsor dalam meramaikan Indonesia Coffee Event (ICE) 2019.

 

Indonesia Coffee Event (ICE) 2019 kembali diselenggarakan, dimulai dengan Tahap Eliminasi Wilayah Barat, yang bertempat di dua lokasi di kota Bandung, yakni 5758 COFFEE LAB (11 – 13 Januari 2019) dan NOAHS BARN (14 – 16 Januari 2019), dengan tema khusus yaitu #coffeeconnectspeople.

 

Kapal Api Global pada event ini menampilkan produk mesin kopi yaitu Unakaffe, sebuah inovasi baru penyajian kopi bagi masyarakat.

 

Unakaffe System menawarkan terobosan baru kemasan kopi dalam bentuk kapsul serta mesin pembuat kopi dengan tekanan yang tepat dan daya listrik rendah sehingga kapsul Unakaffe System dapat diolah menjadi kopi dengan citarasa yang khas, konsisten dan dapat disajikan dalam waktu singkat.

 

Pesatnya pertumbuhan kedai kopi di Indonesia juga meningkat dua kali lipat antara tahun 2012 dan 2016. Grup riset Euromonitor mencatat terdapat 1,025 specialty coffee outlet dan 1.083 chain-store coffee shop yang kebanyakan berada di Jakarta.

 

Riset oleh Mintel juga menunjukkan pertumbuhan single-serve coffee di Indonesia. Antara rentang waktu 2011-2016 saja, Indonesia telah menjadi negara dengan pertumbuhan konsumen tertinggi untuk kopi dalam kemasan termasuk kopi instan, kopi siap minum dan kopi di dalam pods atau kapsul.

 

Dengan mesin penyeduh kopi Unakaffe System, kopi yang dulu diracik secara manual dan membutuhkan waktu karena masih berbentuk biji dan baru digiling apabila akan diseduh, kini dapat disajikan secara praktis namun tetap mempertahankan presisi sehingga citarasanya tetap terjaga.

 

Berpegang komitmen dalam menyediakan kopi premium, Unakaffe System menyediakan varian kopi hitam yang berasal dari biji kopi pilihan yang dipanggang dengan sempurna untuk menghasilkan kopi yang berkualitas.

 

Unakaffe System tersedia dalam dua varian yaitu Espresso dan Cafetiero. Espresso yang menggabungkan biji kopi pilihan arabika dan robusta, memiliki kepekatan lebih intens dan disarankan disajikan dalam ukuran 45ml.

 

Sedangkan Cafetiero menggunakan 100% kopi Arabica, dengan intensitas kepekatan yang lebih ringan. Cafetiero cocok untuk diminum dalam ukuran lungo 150ml. * (Syam)