Oleh : Syamhudi

 

Jakarta, Mediaprofesi.com – PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) hari ini, Selasa (9/4/2019) memaparkan rencana bisnis strategis di tahun 2019 untuk dapat mempertahankan pangsa pasar di pasar ban roda empat menjadi tetap menjadi pilihan nomor satu masyarakat di Indonesia.

 

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), angka penjualan industri mobil Indonesia pada tahun 2018 tercatat mengalami peningkatan 6%.

 

“Hal ini cukup memberi kontribusi positif terhadap Bridgestone Indonesia yang berhasil mempertahankan pangsa pasar terbesar di pasar ban roda empat baik untuk segmen kendaraan penumpang maupun kendaraan niaga di tahun 2018,” ujar Akihito Ishii, Presiden Direktur Bridgestone Indonesia dalam acara media gathering hari ini, Selasa (9/4/2019) di Jakarta.

 

Akihito Ishii memaparkan dengan proyeksi penjualan mobil 2019 yang mencapai 1,1 juta unit, kami optimis tahun ini Bridgestone Indonesia dapat terus memberikan produk terbaik dan meningkatkan layanan berkualitas bagi konsumen Indonesia.

 

Dia memaparkan rencana strategis memasuki tahun 2019, Bridgestone Indonesia menargetkan untuk dapat menjadi pilihan utama dari para konsumennya.

 

Hal ini sejalan dengan tujuan untuk terus meningkatkan pangsa pasar ban Bridgestone yang akan dilakukan melalui penguatan jaringan penjualan dan perkenalan produk baru.

 

Langkah dari rencana strategi bisnis Bridgestone Indonesia yakni pada bulan Juli 2019 akan berpartisipasi di salah satu pameran otomotif terbesar di Indonesia yaitu GIIAS 2019.

 

Selanjutnya, pada kuartal ke-3 tahun 2019 Bridgestone Indonesia akan meluncurkan satu buah produk ban baru di segmen sport yang menawarkan performa tinggi kelas premium.

 

Di pasar OEM, pada awal tahun 2019 ini, Bridgestone telah dipercaya sebagai ban OEM untuk All New Toyota Camry, New Toyota Avanza dan New Daihatsu Xenia.

 

Sementara di pasar kendaraan niaga, saat ini Bridgestone Indonesia tengah dalam tahap finalisasi sebagai pemasok ban OEM untuk salah satu pabrikan truk terbesar di Indonesia.

 

Sedangkan dalam memperkuat kanal penjualan, Bridgestone berencana untuk menambah outlet TOMO (Toko Model) hingga 312 toko hingga akhir tahun 2019 ini.

 

Tak hanya menambah jaringan TOMO secara fisik, Bridgestone juga berencana memperkuat penjualan melalui TOMOnet dengan penambahan fitur-fitur baru agar dapat beradaptasi dengan semakin populernya pasar e-commerce. * (Syam)