Oleh : Syamhudi

 

Washington D.C., Mediaprofesi.com - Delegasi Kadin Indonesia Komite Amerika Serikat (KIKAS) yang dipimpin oleh Prasetyo Singgih selaku Ketua Panitia Pelaksana KIKAS 2019 USA Roadshow yang berlangsung dari 25 September-21 November 2019 dengan mengunjungi 6 kota di Amerika Serikat yaitu New York, Washington, D.C., Atlanta, Los Angeles, Chicago dan San Francisco.

 

Roadshow mengagendakan berbagai kegiatan forum bisnis, business networking session, company visit, high level roundtable meeting dan courtesy call kepada pejabat-pejabat dan pelaku bisnis di Amerika Serikat. Roadshow dimulai dengan forum bisnis digelar di New York dan dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

 

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Hubungan Internasional, Shinta Kamdani dalam sambutannya menyatakan, Amerika Serikat adalah partner penting bagi Indonesia terutama dalam bidang perdagangan dan investasi karena menjadi tujuan ekspor terbesar kelima Indonesia dan investor terbesar ketujuh di Indonesia.

 

“Hubungan ekonomi dan perdagangan kedua negara ini saling melengkapi. Indonesia tidak memproduksi apa yang Amerika Serikat produksi dan juga sebaliknya,“ ujar Shinta.

 

Shinta berharap hubungan ekonomi antara Amerika Serikat dan Indonesia bisa lebih diperkuat terutama dalam bidang perdagangan dan investasi.

 

Amerika Serikat merupakan mitra dagang terbesar keempat bagi Indonesia, setelah RRT, Jepang dan Singapura. Total perdagangan antara Indonesia dan Amerika Serikat meningkat dalam dua tahun terakhir.

 

Total perdagangan kedua negara mencapai USD 28,62 miliar di tahun 2018, atau meningkat sebesar 10,42% dari USD 25,92 miliar di tahun 2017. Secara umum, nilai neraca perdagangan Indonesia terhadap AS mengalami surplus bagi Indonesia sebesar USD 8,26 miliar di tahun 2018.

 

AS merupakan negara investor terbesar ketujuh di Indonesia dengan nilai USD 1,22 miliar yang mencakup 572 proyek pada tahun 2018.

 

Sementara itu, Prasetyo Singgih, Ketua Pelaksana KIKAS 2019 USA Roadshow menjelaskan, rangkaian kegiatan KIKAS 2019 USA Roadshow ini adalah inisiatif dari KADIN Indonesia Komite Amerika Serikat bekerja sama dengan perwakilan-perwakilan Republik Indonesia di Amerika Serikat dan juga beberapa asosiasi bisnis seperti American Indonesian Chamber of Commerce (AICC), U.S. Chamber of Commerce, U.S. Indonesia Society (USINDO) dan U.S. – ASEAN Business Council.

 

Prasetyo Singgih menilai KIKAS 2019 USA Roadshow sangat strategis dalam meningkatkan hubungan bilateral yang kuat dengan Amerika Serikat terutama melalui peningkatan kerjasama perdagangan dan investasi. * (Syam)