Oleh : Yudi

 

Jakarta, MediaProfesi.com - SWIFT menyambut peluncuran publik New Payments Platform (NPP) di Australia, yang akan merevolusi cara melakukan pembayaran secara domestik.

 

SWIFT telah membantu merancang, membangun dan menghadirkan NPP, serta akan memainkan peranan penting dalam mengoperasikan infrastruktur untuk NPP.

 

Arsitektur NPP yang mengubah industri perbankan ini telah dirancang dan dibangun untuk meningkatkan cara konsumen, perusahaan dan pemerintah bertransaksi satu sama lain secara fundamental. Fitur-fitur utama dari NPP antara lain:

o Pembayaran instan 24 jam sehari, 7 hari seminggu dan line-by-line settlement secara real time melalui Reserve Bank of Australia.

o PayID, cara baru yang mudah untuk menghubungkan rekening bank dengan pengidentifikasi yang mudah diingat seperti nomor ponsel, alamat email atau ABN untuk bisnis.

o Infrastruktur akses terbuka yang sungguh memberdayakan inovasi melalui persaingan.

o Kerangka kerja layanan overlay yang akan meningkatkan layanan bagi konsumen, perusahaan dan pemerintah Australia.

 

Alain Raes, Chief Executive EMEA & APAC, SWIFT, mengatakan bahwa peluncuran NPP dan dimungkinkannya pembayaran secara real-time merupakan perkembangan yang paling signifikan di industri pembayaran Australia selama beberapa dekade terakhir, dan dapat memiliki dampak yang lebih revolusioner terhadap perekonomian dibandingkan inovasi sistem pembayaran lain sebelumnya.

 

“SWIFT telah mendukung evolusi sistem pembayaran di seluruh dunia selama lebih dari 40 tahun dan sangat bahagia dapat memainkan peranan penting dalam penciptaan dan peluncuran real-time payment di Australia. Penyampaian proyek yang berjalan mulus ini merupakan ukuran betapa baiknya kemitraan yang telah terjalin antara SWIFT dan industri di Australia sepanjang kolaborasi ini,” kata Alain Raes.

 

Dia menyebut bahwa NPP juga telah mempertunjukkan keahlian dan pendekatan inovatif dari tim pembayaran global SWIFT, serta nilai yang dapat kami berikan ke pasar-pasar lain, termasuk Uni Eropa seiring peralihan menuju sasaran layanan pembayaran instan yang diselaraskan di Zona Euro.

 

CEO NPPA, Adrian Lovney mengatakan, SWIFT, pemimpin internasional dalam penyediaan layanan keuangan yang aman, telah bekerja tanpa lelah untuk membantu merancang, membangun dan menghadirkan sistem kelas dunia ini.

 

NPP merupakan komponen utama dalam strategi pembayaran instan global yang lebih luas dari SWIFT, yang juga mencakup penyediaan layanan olah pesan (messaging) pembayaran instan untuk wilayah Eropa.

 

Dan SWIFFT akan diluncurkan pada bulan November 2018, bertepatan dengan peluncuran TARGET Instant Payment Settlement (TIPS), yaitu layanan pembayaran Euro real-time yang diprakarsai oleh Eurosystem, layanan messaging baru dari SWIFT akan memungkinkan pembayaran instan dalam mata uang Euro di seluruh wilayah Eropa melalui TIPS dan sistem pembayaran instan RT-1 dari EBA CLEARING.

 

Dalam konteks visi Eurosystem 2020 yang berupaya mewujudkan akses ke TARGET2, TARGET2 untuk Sekuritas dan TIPS melalui Eurosystem Single Market Infrastructure Gateway (ESMIG), strategi pembayaran instan dari SWIFT berkomitmen untuk mendukung agenda masa depan dari Eurosystem, dan membantu pelanggan seiring peralihan menuju pencapaian visi ini.

 

Solusi SWIFT yang sama akan memberi pelanggan sebuah gateway tunggal untuk terhubung secara lancar dengan sistem pembayaran instan lainnya di Eropa dan wilayah lainnya.

 

SWIFT, yang saat ini menghubungkan 85 dari 149 sistem High Value Payments di dunia, termasuk CHAPS di Inggris, TARGET2 di Eropa dan SWIFT India Domestic Services, juga menawarkan gateway bagi platform pembayaran instan di Hong Kong dan Amerika Serikat. * (Yud/Syam)