Oleh : Syamhudi

 

Tangerang, MediaProfesi.com – Asuransi Sinar Mas (ASM) sukses membukukan premi bruto (Gross Premium Written) sebesar Rp 3,775 triliun di semester I 2018.

 

Direktur ASM, Dumasi M M Samosir menyatakan, pencapaian ini meningkat sebesar 5% dibandingkan pencapaian periode yang sama tahun 2017 sebesar Rp 3,595 triliun.

 

Kontribusi terbesar berasal dari 5 (lima) line of business berikut : Asuransi Kebakaran menyumbangkan premi Rp 1,548 triliun (41% dari total premi bruto), Asuransi Kendaraan Bermotor (mobil) sebesar Rp 634,950 miliar (17% dari total premi bruto).

 

Kemudian Asuransi Marine Cargo sebesar Rp 515,182 miliar (14% dari total premi bruto), Asuransi Kesehatan sebesar Rp 409,723 miliar (11% dari total premi bruto) dan Asuransi Aneka sebesar Rp 375,313 miliar (dari total premi bruto).

 

Dumasi menjelaskan pertumbuhan premi yang dicapai ASM pada semester I 2018 ini menambah semangat bagi seluruh team untuk dapat mencapai target tahun 2018 yang sebesar Rp 6,373 triliun.

 

Dia juga menjelaskan bahwa pemasaran produk asuransi secara retail baik individu maupun korporasi masih menjadi salah satu target ASM di tahun 2018.

 

Saat ini, lanjut Dumasi, premi ASM tersebesar masih berasal dari sumber bisnis korporasi (95%), premi retail baru berkontribusi sebanyak 5%.

 

Untuk menggenjot premi, ASM menjalankan beberapa strategi seperti pengembangan keagenan, pengembangan produk baru dan juga pengembangan layanan untuk nasabah.

 

“Minggu depan, ASM melaunching Mobile Aplication yang ditujukan untuk pengembangan keagenan,” jelas Dumasi dalam acara Media Gathering hari Selasa (317/2018) di BSD City, Tangerang.

 

Mobile Aplication ini di desain untuk meningkatkan penjualan dan profit melalui peningkatan engagement dengan melakukan coaching serta kemudahan dalam memonitor performance secara real time.

 

Untuk produk baru, ASM saat ini sedang melakukan pendaftaran beberapa produk baru ke Otoritas Jasa Keuangan seperti simas mikro automobiledan asuransi migas. * (Syam)