Oleh : Syamhudi

 

Jakarta, Mediaprofesi.com - PT Dyandra Media International Tbk (Dyandra), mencatatakan pendapatan sebesar Rp. 1.035 miliar, naik sekitar 20,2% (yoy) dibandingkan tahun sebelumnya di periode yang sama sebesar Rp 861,2 miliar.

 

Hal tersebut berdasarkan hasil kinerja laporan keuangan kuartal IV yang berakhir 31 Desember 2018, dimana kontribusi terbesar pendapatan berasal dari pendapatan acara sekitar 58,0%.


Presiden Direktur Dyandra, Rina R. Maksum, menjelaskan, kenaikan pendapatan dan laba cukup signifikan itu berasal dari beberapa penyelenggaraan acara alias event Dyandra Group yang banyak terselenggara pada semester kedua 2018.

 

Di samping event nasional, beberapa di antaranya merupakan event-event internasional, seperti Annual Meeting International Monetary Fund (IMF) – World Bank Group (WBG) di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) yang didukung unit bisnis PT Nusa Dua Indonesia (Venue Owner & Hall Management Business)  dan The 18th Asian Games yang didukung oleh unit bisnis PT Samudra Dyan Praga dan PT Sinar Dyandra Abadi yang bergerak di bidang Supporting Event.


Atas peningkatan pendapatan tersebut yang dihasilkan, Dyandra mencapai laba bruto sebesar Rp. 340,7 miliar tahun 2018 atau growth 57,2%, dimana gross profit margin mengalami peningkatan menjadi sebesar 32,9% dibandingkan tahun lalu sebesar 25,2%.

 

Manajemen juga berhasil mencapai laba usaha positif sebesar Rp. 100,7 miliar dibanding tahun sebelumnya yang masih negatif, pencapaian ini diikuti pula dengan operasional profit margin yang menjadi positif pada level sekitar 9,7%.


Dyandra mencatatkan laba bersih sebesar Rp 76,60 miliar atau meningkat hingga 1.188% jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

 

Hal ini dicapai atas peningkatan margin yang cukup signifikan terutama pada lini bisnis pendapatan acara, di sisi lain juga terdapat penurunan beban keuangan yang berasal dari penurunan pinjaman berbunga atas disvestasi anak usaha.


Kinerja membanggakan tersebut melengkapi semangat Dyandra yang akan "all out" tahun ini mengingat 2019 adalah tahun yang menandai anak usaha Dyandra, PT Dyandra Promosindo (DP) berkiprah sebagai Professional Exhibition Organizer (PEO) selama 25 tahun. “Your Trusted Partner” merupakan tagline DP dalam menyuguhkan karya-karya terbaik untuk kolega, partner dan klien Dyandra.


Kinerja bisnis Dyandra ditopang empat perusahaan yang menjadi pilar bisnisnya, DP mengelola bisnis Penyelenggaraan Acara, PT Dyamall Graha Utama (DGU) menjalankan usaha Penunjang Acara, PT Nusa Dua Indonesia (NDI) fokus pada bisnis Ruang Konvensi dan Eksibisi (pameran), dan PT Graha Multi Utama (GMU) mengelola bisnis Hotel. * (Syam)