Oleh : Wahyu

 

Jakarta, Mediaprofesi.com - PT Asuransi Sinar Mas (ASM) kembali melakukan pembayaran terhadap para nasabah yang mengalami kerugian akibat dampak banjir 31 Desember 2019 hingga awal Januari 2020.

 

Pembayaran kali ini diberikan kepada 14 orang nasabah yang terdiri dari 11 Nasabah Asuransi Kendaraan Bermotor dan 3 Nasabah Asuransi Property. Total nilai klaim yang dibayarkan adalah sebesar Rp. 9.158.875.903,- terdiri dari Rp. 6.165.000.000,- klaim asuransi property dan Rp. 2.993.875.903,- klaim asuransi kendaraan bermotor.

 

Saat acara berjalan, terdapat penambahan pembayaran klaim 1 nasabah asuransi kendaraan dengan nilai klaim Rp. 153.000.000,- sehingga total klaim yang dibayarkan bertambah menjadi total sebesar Rp. 9.311.875.903,-.

 

“Penyerahan klaim hari ini merupakan pembayaran batch ke-3 yang dilakukan oleh PT Asuransi Sinar Mas terhadap para nasabah yang terkena dampak banjir,” jelas Dumasi M M Samosir, Direktur PT Asuransi Sinar Mas saat penyerahan klaim.

 

Menurut Dumasi, sebelumnya pembayaran klaim telah dilakukan pada tanggal 24 Januari dan 29 Januari 2020. Total nilai klaim yang telah dibayarkan adalah sebesar Rp. 11.699.270.103,-.

 

Ditambahkannya, klaim asuransi kendaraan yang diserahkan hari ini merupakan Full Payment atas klaim Constructive Total Loss. Sementara untuk pembayaran 3 (tiga) klaim asuransi property merupakan Interim Payment.

 

“Ini merupakan komitment Perusahaan untuk dapat mempercepat proses pembayaran untuk membantu nasabah kami segera dapat memulihkan operasional masing-masing,” lanjut Dumasi.

 

Akibat banjir 31 Desember sampai dengan awal Januari 2020, Asuransi Sinar Mas menerima 442 laporan klaim banjir. Adapun estimasi total kerugian nasabah Asuransi Sinar Mas akibat banjir ini adalah sebesar Rp. 40,792 Milyar.

 

“Ternyata Asuransi Sinar Mas oke. Kepercayaan saya tidak salah. Seperti yang disampaikan Ibu Dumasi, dengan komitment yang to be the first to pay the claim, asuransi memang bukan hanya cover kerugian, tapi juga membantu orang yang kena musibah," ujar Frengky Lengkong, PT Jameson Jumbo Permai, salah satu penerima interim payment untuk klaim asuransi poperty.

 

Nasabah lainnya, Henny Djuwita Santosa, Direktur PT Aneka Putra Santosa yang mewakili 5 nasabah pemegang polis asuransi kendaraan menyampaikan, terima kasih kepada Asuransi Sinar Mas yang cepat menangani klaim dan juga membuat customer happy.

 

“Semoga kerjasama yang telah terjalin dengan baik antara Asuransi Sinar Mas dan PT Aneka Putra Santosa bisa berjalan lancar. Puji syukur selama kerjasama dengan Asuransi Sinar Mas sejak tahun 1994 semua lancar dan jika ada masalah bisa ditangani dengan cepat,” Ujar Henny.

.

“Cepat layanannya. Asuransi Sinar Mas selalu mengakomodir permintaan kami” jelas Sudin, Direktur PT Daindo International Finance.

 

Untuk antisipasi bencana banjir, nasabah disarankan untuk memiliki jaminan perluasan banjir/bencana alam. Beberapa produk Asuransi Sinar Mas yang memiliki jaminan banjir seperti simas rumah hemat ++ untuk asuransi rumah, simas mobil exclusive untuk asuransi kendaraan bermotor, serta simas ruko untuk asuransi ruko. * (Wah/Syam)