Oleh : Syamhudi


Jakarta, Mediaprofesi.com - Tableau Software, platform analitik terkemuka, mengumumkan bahwa Bank Mandiri telah menggunakan solusi analitik data dari Tableau untuk membantu mempercepat pengambilan keputusan berbasis data di perusahaan.

 

Sebagai lembaga keuangan terbesar di Indonesia, Bank Mandiri berupaya untuk memberdayakan setiap divisi di bank dengan kemampuan analitik mandiri dalam membuat keputusan yang lebih baik berdasarkan wawasan yang dapat ditindaklanjuti.

 

Saat ini Unit Bisnis sudah menggunakan dashboard yang menggunakan platform Tableau dalam memonitor kinerja bisnis, pergerakan transaksi nasabah, potensi cross selling, dan seterusnya.

 

Kini sudah lebih dari 600 dashboard telah dibuat dan digunakan oleh berbagai divisi dalam perusahaan. Penggunaan Tableau telah mempermudah proses bisnis secara signifikan dan meningkatkan kecepatan pengiriman informasi dalam bank. Seperti penyediaan informasi transaksi debitur dari 2 minggu menjadi hanya 2 hari.

 

Proses pengambilan keputusan dalam kegiatan operasional utama seperti pencairan dan perpanjangan kredit, pemetaan profil dan loyalitas nasabah terhadap Bank Mandiri telah dipermudah dengan tersedianya informasi relevan yang dapat diakses melalui Tableau – lebih dari 600 dashboard telah dibuat di banyak divisi dalam perusahaan.

 

Dashboard self-service Tableau juga mempermudah proses bisnis secara signifikan dan meningkatkan kecepatan pengiriman informasi. Seperti, penyelesaian laporan dari 2 minggu menjadi hanya 2 hari dengan tetap menjamin kerahasiaan data.

 

“Kecepatan mengakses pemahaman data terhadap visualisasi meningkat tajam sehingga Dewan Manajemen dan pemangku kepentingan lain dapat menerima informasi tepat waktu yang membantu mereka melakukan pekerjaan dengan lebih baik. Kami juga dapat menyasar nasabah lebih baik lagi melalui penawaran produk dan program yang sesuai serta meningkatkan keterlibatan nasabah,” ujar Billie Setiawan, Wakil Presiden Senior, Group Enterprise Data Management (EDM), Bank Mandiri.

 

Setiawan menyatakan, kemitraan dengan Tableau memperkuat misi kami yang berfokus pada nasabah, dan membawa kami lebih dekat dalam meraih tujuan kami menjadi bank digital terkemuka di Indonesia. Dan sekaligus sebagai bagian dari visi bank untuk membangun budaya data, Bank Mandiri meningkatkan literasi data dalam organisas.

 

Dipimpin oleh pelatih data dari divisi EDM – sebuah divisi khusus yang dibentuk oleh bank untuk memberikan saran penggunaan analitik data – sesi bulanan ini membantu pengguna baru Tableau dengan berbagi praktik terbaik dan menjawab pertanyaan terkait data.

 

Sesi tersebut menciptakan komunitas pembelajaran dan mempromosikan budaya data di bank. Bank Mandiri juga menawarkan kursus analitik data untuk para karyawan.

 

“Kami memiliki tujuan untuk menghilangkan hambatan data bagi kelompok bisnis yang berbeda melalui edukasi dan keterlibatan nasabah yang lebih luas. Melalui kemitraan dengan Tableau, kami berharap dapat mengaktifkan analitik mandiri dan memberdayakan karyawan kami dengan memberikan akses ke pemahaman data yang mereka butuhkan untuk meraih sukses,” tambah Setiawan.

 

“Lembaga keuangan saat ini harus memanfaatkan analitik data untuk mentransformasi bisnis mereka dan menjadi yang terdepan. Kami sangat senang dapat bermitra dengan perusahaan yang berpikiran maju seperti Bank Mandiri, yang berada di garis depan transformasi bisnis dengan menumbuhkan budaya data di seluruh perusahaan,” kata Leslie Ong, Country Manager, Asia Tenggara, Tableau.

 

Leslie long berharap dapat bekerja sama dan mendukung Bank Mandiri dalam mencapai tujuan bisnis dan visinya melalui solusi analitik modern. * (Syam)