Oleh : Syamhudi

Bekasi, MediaProfesi.com, Kota Deltamas salah satu perusahaan yang bernaung dibawah Sinar Mas Land joint venture dengan perusahaan Jepang Sojitz, akan mengadakan kejuaraan bulu tangkis tingkat nasional yang dijembatani oleh PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia) pada 6-11 Februari 2012 di Deltamas Sport Center. Kejuaran bulutangkis ini bertema “Kota Deltamas Open I – 2012” dengan menggunakan peraturan atau tata tertib pertandingan yang dikeluarkan PB. PBSI dan BWF.

“Perlombaan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Sinar Mas Land pada perkembangan olahraga nasional, terutama bulutangkis,” ujar Ishak Chandra Managing Director Corporate Strategy and Services Sinar Mas Land dalam siaran pers tertulis kepada redaksi MediaProfesi.com, hari ini Kamis (2/02/2012).

Kategori yang dilombakan baik putra ataupun putri terdiri dari 15 kategori yaitu tunggal usia dini, tunggal usia anak-anak, tunggal usia pemula, tunggal usia remaja, ganda usia anak-anak, ganda usia pemula dan ganda usia remaja.

Dan khusus untuk kategori veteran hanya diperlombakan untuk ganda putra. Kategori veteran ini dimeriahkan oleh keikutsertaan mantan-mantan atlit internasional seperti Joko Supriyanto (Juara Dunia, Tunggal 1993), Bobby Ertanto (Juara Ganda Piala Dunia 1986), Bambang Supriyanto (Juara Ganda All England 1994), Hermawan Susanto (Peraih Medali Perunggu Tunggal Putra, Olimpiade Barcelona 1992) dan Lius Pongoh.

Antusias dari masyarakat terhadap event ini juga sangat positif. Dari sejak dibukanya pendaftaran pada 25 Januari lalu, jumlah peserta sudah mencapai hampir 800 peserta.

Menurut Ishak, pengembangan olahraga nasional sudah jadi komitmen Sinar Mas Land. Sebagai pengembang properti terkemuka Sinar Mas Land selalu mendukung kegiatan olahraga yang diadakan di proyek-proyeknya.

Selain perlombaan bulu tangkis, sebelumnya Sinar Mas Land juga telah menyelenggarakan sejumlah event olahraga tingkat nasional seperti lomba lari di Kota Deltamas dan BSD City serta lomba ketahanan sepeda gunung di BSD City.

“Sinar Mas Land berharap dengan adanya perlombaan bulu tangkis Kota Deltamas Open 1 ini, bisa ditemukan bibit-bibit baru atlet bulutangkis, yang bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional,” ujar Ishak dengan bangga.

Deltamas Sport Center yang menjadi lokasi kejuaraan ini memiliki lahan seluas sekitar 6.720 m2 dengan misi sebagai fasilitas untuk mencari bibit-bibit pebulutangkis unggul, juga atlet-atlet cabang olahraga lainnya di kemudian hari.

Dengan fasilitas dan sarana berstandar internasional, sehingga diharapkan dapat mendukung pengembangan olahraga nasional. Lapangan bulu tangkis di Deltamas Sport Center ini di desain mewah dan berwawasan lingkungan.

Tinggi bangunan mencapai 14 meter dilengkapi ceiling fan untuk sirkulasi udara, pencahayaan yang alami yang memaksimalkan pasokan cahaya matahari masuk ke dalam ruangan. Disamping itu karpet dan lampu yang digunakan juga memperhatikan standar umum untuk lapangan bulu tangkis internasional.

Keunggulan Deltamas Sports Center ini memiliki akses yang dekat dengan interchange tol Cikarang Pusat yang berada di Jakarta – Cikampek KM 37, sehingga memudahkan bagi masyarakat yang tinggal di Jakarta atau pun Bandung untuk menuju sports center ini.

Master Bulutangkis Legendaris Siap Bantu Lahirkan Bibit Unggul Atlet Nasional

Lapangan bulu tangkis ini dikelola oleh atlet bulu tangkis legendaris yaitu pasangan Hermawan Susanto dan Sarwendah Kusumawardhani. Hermawan (43) adalah peraih Bronze Medal pada olimpiade Barcelona tahun 1992.

Hermawan berharap dengan adanya sarana dan fasilitas olahraga berskala internasional seperti Deltamas Sports Center diharapkan mampu membantu melahirkan atlet-atlet nasional yang berkompetensi internasional. Deltamas Sports Center selain sebagai fasilitas bagi penghuni kota Deltamas juga terbuka untuk umum. * (Syam)