Oleh : Syamhudi

Tangerang, MediaProfesi.com – Sinar Mas Land-JPG akan menggelar kejuaraan “JPG-Sinar Mas Land Mountin Bike XC Open Championship Pra PON 2012” selama dua hari, pada tanggal 14-15 Juli 2012 di Taman Kota 2 BSD City, Serpong, Tangerang.

Dalam Kejuaran ini panitia akan menggunakan transponder yaitu alat penghitung elektronik waktu putaran para peserta balap yang biasanya digunakan dalam balap sepeda motor dan mobil, ataupun pada balap Road Bike dengan berbasis sensor dan kabel yang ditanam.

“Pemasangan alat transponder ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kecurangan selama perlombaan berlangsung,” ujar Pangeran Ilham Baron, Ketua Pelaksana sekaligus Ketua Umum Komunitas JPG dalam jumpa pers di Marketing Office, BSD City Tangerang (9/7/2012).

Menurutnya, penggunaan transponder ini merupakan yang pertama kali dilakukan di Indonesia dan sekaligus sebagai pelopor untuk pemakaian dalam nomor balap sepeda Cross Country/XC. Selain itu, data hasil lomba dalam event ini nanti akan sangat diperlukan oleh Team Manajemen Atlit PORD maupun ISSI masing-masing daerah sebagai tolok ukur pelatihan mereka selama ini, khususnya menjelang PON XVIII di Riau.

“Dukungan Sinar Mas Land melalui BSD City merupakan bentuk komitmen pada pengembangan olahraga nasional terutama cabang balap sepeda gunung atau cross country,” tambah Panji Himawan, Head of Corporate Communication, Sinar Mas Land.

Pannji berharap dengan kejuaraan ini, dapat mengasah kemampuan para bikers dan akan melahirkan bibit-bibit bikers baru yang lebih terpacu, terukur, dan terarah dengan baik secara kualitas maupun prestasi. Sehingga bisa mengharumkan nama bangsa di kancah nasional maupun internasional.

Kejuaraan kali ini adalah yang kelima kalinya dilaksanakan di track Taman Kota BSD City Tangerang sejak tahun 2010 dan terakhir adalah event JPG-Sinar Mas Land 1st Enduro XC Nite Race yang merupakan event balap malam sepeda gunung pertama di Indonesia. Dan hampir di semua event yang telah dibuat dibanjiri oleh peserta serta dihadiri oleh ribuan pengunjung.

Track Taman Kota 2 sepanjang 4,2 km yang digunakan sebagai arena balap dibuat oleh Team JPG Racing Manangement merupakan track Cross Country dengan kategori teknikal. Namun tidak melupakan hal yang utama yaitu safety untuk semua peserta.

Di dalam track ini ada dua sungai yang harus dilintasi melalui jembatan dengan kontruksi besi yang kuat yang dianyam bambu untuk perlintasan sepeda agar terlihat alami. yang pengerjaannya baru saja diselesaikan beberapa minggu lalu.

Track yang kami buat teknikal, namun semua orang bisa melewatinya, baik itu usia 8 hingga 60 tahun, karena kami telah melakukan uji coba track sebelumnya dan jembatan kami desain agar lebih kokoh serta aman untuk dilewati,” ujar A. Giok, salah satu anggota pembinaan atlit di Team JPG Racing Management.

Lomba balap sepeda Cross Country kli ini memperebutkan hadiah dengan total sebesar Rp 60 juta. Pada kejuaraan ini akan diikuti oleh para pembalap pria dan wanita. Perlombaan ini terbagi dalam sepuluh kelompok peserta yaitu kelas Men Elite, Women Elite, Yunior (15-19 tahun), Senior (20-29 tahun), Master A (30-39 tahun), Master B (40-49 tahun), Master C (50 tahun ke atas), Pra Yunior (10-14 tahun), Women Open (16 tahun ke atas), dan Eksekutif (43 tahun dengan berat badan bebas) atau berat 85 kg ke atas dengan umur bebas.

Bagi kelas atlit dan Pra Yunior tidak di pungut biaya pendaftaran serta disediakan penginapan gratis kepada para atlit luar daerah baik pria maupun wanita untuk mengikuti event ini engan menunjukkan kartu lisensi atlit yang masih berlaku. * (Syam)