Oleh : Achmad

Jakarta, MediaProfesi.com - Jay Bayron dari Filipina melakukan comeback luar biasa dengan menutup turnamen secara sempurna, lima di bawah par-67, untuk memenangkan turnamen perdana BII Maybank ADT Challenge.

Total kemenangan Bayron 12 di bawah par 204 setelah tiga putaran sudah cukup baginya untuk mengunci kemenangan sedangkan Nicholas Fung dari Malaysia, yang sebelumnya memimpin selama dua putaran, tertinggal setelah bencana di back-nine yang diwarnai tiga bogeys dan harus puas berada di tempat kedua pada Asian Development Tour (ADT) yang berhadiah US$ 50.000 ini.

Jhonnel Ababa dari Filipina mencatat skor terendah yakni 64 untuk menempati posisi ketiga dengan total 206 sementara Danny Chia dari Malaysia dan Unho Taman dari Australia berbagi tempat keempat dengan nilai yang sama 207 di Imperial Golf Club.

Memulai pukulan selama tiga hari di belakang Fung, Bayron melakukan comeback dengan membukukan lima birdie pada hole sembilan, 11, 13, 17 dan 18 untuk memenangkan gelar keduanya di ADT setelah Fung tidak bisa mempertahankan posisinya dari hari sebelumnya.

Pemain Malaysia tersebut sebelumnya tampak akan menutup pertandingan dengan kemenangan setelah unggul lima pukulan di enam hole.

Namun, bogey yang terjadi di hole ke-13, diikuti dua bogey lagi di hole 16 dan 18 membuat Fung harus melupakan minggu kemenangan yang seharusnya menjadi miliknya.

"Saya tidak merasa di bawah tekanan saat saya memulai hari di belakang Fung. Saya hanya berkata pada diri sendiri bahwa saya harus mengejar ketinggalan dan fokus untuk melakukannya dengan baik. Hati saya memikirkan Nicholas Fung karena bisa saja minggu ini menjadi miliknya. Tapi itulah golf, " kata Bayron setelah menerima trofi dari Presiden Direktur BII Dato’ Khairussaleh Ramli.

Lebih lanjut Bayron mengatakan, saya memiliki irama yang solid di back-nine dan saya kembali percaya diri saat itu. Saya senang akhirnya saya yang menang.

Diluncurkan sejak 2010 dengan tujuan menciptakan jalur karir pegolf professional di Asia, ADT memperoleh dukungan dari Corporate Asia, berkembang dari lima turnamen di musim pertamanya menjadi delapan turnamen pada 2011.

Dengan total rekor 12 turnamen yang dimainkan selama musim ini dengan tiga pegolf teratas di Order of Merit akan memenangkan tiket ke Asian Tour 2013, memastikan pegolf profesional memiliki jalur karir yang tepat.

“Maybank memiliki komitmen bagi perkembangan olah raga golf dan dilaksanakan secara terpadu, mulai dari tahap dini, menengah hingga elit profesional,” kata Dato’ Khairussaleh Ramli.

Maybank, pemimpin keuangan di regional, secara aktif memupuk minat pada olah raga golf sejak usia dini melalui program pengembangan golf yunior secara terstruktur dengan memperkenalkan golf ke sekolah-sekolah dan menyelenggarakan program pelatihan secara berkelanjutan.

Di level turnamen kelas menengah, Maybank menjadi title sponsor turnamen’BII Maybank ADT Challenge’. Pada setiap akhir musim, ADT memberikan apresiasi Order of Merit kepada tiga pegolf teratas berupa kesempatan untuk mengikuti Asian Tour pada tahun berikutnya.

‘BII Maybank ADT Challenge’ merupakan perpanjangan dari ’Maybank Malaysian Open’, turnamen golf elit profesional tahunan yang diselenggarakan di Kuala Lumpur oleh Maybank dan diakui oleh Asian Tour dan European Tour.Ini menjadi bagian dari komitmen kuat Maybank untuk mendukung dan mengembangkan golf di kawasan regional.

Peringkat nilai setelah putaran ketiga
204      Jay BAYRON (Filipina) 69-68-67
205      Nicholas FUNG (Malaysia) 66-68-71
206      Jhonnel ABABA (Filipina) 71-71-64
207      Danny CHIA (Malaysia) 72-69-66, Unho PARK (Australia) 69-71-67
208      Michael BIBAT (Filipina) 73-70-65
209      Tim STEWART (Australia) 70-70-69

Nilai seleksi
211      Quincy QUEK (Singapore) 70- 72-69
214      Shaaban HUSSIN (Malaysia) 69-75-70