Oleh : Syamhudi

 

Jakarta, MediaProfesi.com – Tempat tongkrongan memang kerap sering kita jumpai di berbagai area. Tak terkecuali di negara pizza Italia pun punya sebuah kultur yang akrab disapa Aperitivo, dimana orang berkumpul sepulang kerja.


 

Di tempat ini mereka minum bersama teman dan keluarga, menghabiskan waktu bersama dan bertukar cerita. “Mereka biasanya ngumpul sepulang kerja hingga pukul 9 malam, bahkan mereka rela menghabiskan uang sekira 15 Euro,” kata Hayuning Sumbadra biasa dipanggil Adra (20).

 

Bagi Adra, talenta fashion designer Indonesia, tempat tongkrongan ini ternyata punya cerita tersendiri, dimana justru tempat ini menjadi sebuah inspirasi bagi dirinya untuk menghasilkan sebuah karya yang luar biasa.

 

Hasil karya yang bertema #CAPISCI yang berarti “Apakah kami mengerti?” dalam bahasa Itali melengkapi koleksi terbaru ADRA WORLD yang dipresentasikan di Terraza Lounge, The 101 Darmawangsa, Jakarta pada hari Kamis (22/2/2018).

 

Adra kelahiran Jakarta yang menekuni dunia fashion menampilkan sebanyak 12 look dalam sebuah acara trunk show, dan ada 6 look dengan corak hitam putih nan anggun dia tampilkan, dan selebihnya dia kombinasikan dengan balutan warna merah.

 

Adra bercerita, setahun menjalani studi masternya di Milan, Italia, diamemperhatikan bagaimana budaya Apertivo ini bertahan, tidak terkalahkan oleh arus teknologi informasi yang kini kerap menjauhkan satu idividu dari individu lainnya.

 

Mengapa kiranya orang-orang bersedia menghabiskan uang “hanya” untuk berkumpul bersama lingkaran terdekatnya? Karena tentu saja itu bukan sekedar “hanya”.

 

Sebab berkumpul, berbagi cerita, didengarkan dan dimengerti adalah kebutuhan kita sebagai masunia. Saling adalah syarat, saling adalah tujuan. “Apakah kamu mengerti?”. * (Syam)