Oleh : Yudi

 

Jakarta, MediaProfesi.com - Mei adalah bulan terakhir sebelum memasuki bulan suci dimana juga bulan ini menawarkan tiga hari libur bersama, yakni Hari Buruh (1 Mei), Kenaikan Isa Al Masih (10 Mei) dan Waisak (29 Mei).

 

Riset terbaru dari situs pemesanan online global Agoda mengungkapkan bahwa masyarakat Indonesia mengambil kesempatan hari libur ini dengan berpelesir ke Bali, kota-kota yang tidak terlalu ramai seperti Yogyakarta dan Bandung serta beberapa ibukota negara tetangga seperti Singapura, Kuala Lumpur dan Bangkok.

 

Hari Buruh yang jatuh pada Selasa, 1 Mei dilanjutkan dengan hari Kenaikan Isa Al Masih yang jatuh pada Kamis pekan berikutnya, memberi kesempatan masyarakat Indonesia untuk mengambil tambahan hari libur untuk menikmati libur pekan panjang. Semua ini dimulai sebelum bulan suci Ramadan di pertengahan bulan Mei.

 

Pastinya pulau Bali muncul sebagai pemenang bertengger di nomor satu sebagai destinasi yang paling banyak dituju oleh wisatawan Indonesia pada kedua hari libur 1 dan 10 Mei. Tempat lainnya dalam negeri termasuk Yogyakarta (#3), Bandung (#6) dan Jakarta (#8).

 

Tak kalah populer, pilihan destinasi mancanegara yang diserbu adalah Tokyo (#2), Singapura, Kuala Lumpur, Bangkok, Hong Kong dan Seoul.

 

Deretan ibukota mancanegara ini menawarkan beragam pengalaman dari mulai berbelanja, petualangan kuliner hingga sekedar menikmati cantiknya permainan lampu kota metropolitan di petang hari. * (Yud/Syam)