Oleh : Syamhudi

 

Jakarta, MediaProfesi.com - Sebagian orang berpetualang sendirian mungkin terdengar sedikit menakutkan. Rasa cemas mungkin akan menghampiri Anda, seperti tersesat sendirian, makan di restoran sendirian, hingga tindak kejahatan yang mungkin menghampiri Anda.

 

Tapi buat sebagian lainnya, bepergian seorang diri merupakan suatu kepuasan yang tidak bisa didapatkan ketika berpergian dengan rombongan. Memang, di sisi lain saat traveling seorang diri biaya perjalanan cenderung bisa lebih mahal.

 

Namun, Anda bisa mengakalinya dengan berbagai cara, misalnya dengan mencari tiket pesawat murah. Beberapa maskapai seperti Citilink menyediakan tiket pesawat dengan harga yang cukup terjangkau.

 

Berikut tips lainnya yang dapat membuat perjalanan Anda seorang diri jadi jauh lebih menyenangkan.

 

1. Ketahui dulu dirimu sendiri

Jika Anda seorang ekstrovert yang gemar bersosialisasi, Anda bisa mencari destinasi di perkotaan yang ramai. Tempat-tempat seperti Bangkok, Singapura, atau Tokyo yang selalu ramai mungkin cocok untuk Anda kunjungi.

 

Namun, lain halnya jika Anda seorang yang cenderung pendiam atau introvert. Tempat-tempat bernuansa alam atau kota yang tenang mungkin lebih cocok untuk Anda.

 

2. Pilih penginapan yang terjangkau

Daripada menghabiskan uang untuk menginap di hotel, Anda bisa mencoba memilih homestay. Selain biayanya yang lebih murah, Anda bisa berkomunikasi dengan para penduduk lokal di sana. Siapa tahu Anda mendapatkan tips mengenai tempat-tempat baru di sekitar sana. Alternatif penginapan murah lainnya yang bisa Anda coba adalah hostel.

 

3. Ambil foto sebanyak-banyaknya

Berbeda dengan ketika Anda traveling bersama kerabat yang mungkin lebih sering berbincang-bincang, saat traveling sendirian Anda cenderung berkontemplasi sembari menikmati suasana tempat liburan Anda. Hal tersebut membuat Anda lebih peka dengan keadaan di sekitar Anda.

 

Abadikan kepekaan Anda tersebut dengan menuangkannya ke sebuah foto. Di akhir perjalanan, foto yang Anda ambil akan memiliki cerita unik masing-masing yang siap Anda bagikan ke kerabat terdekat maupun ke media sosial yang Anda miliki.

 

4. Bangun lebih awal untuk memulai hari eksplorasi Anda

Anda tidak akan mau menyia-nyiakan waktu liburan Anda dengan bangun siang seperti yang Anda lakukan biasanya. Cobalah untuk bangun lebih awal. Nikmati sarapan yang sudah disediakan sebelum Anda berangkat mengeksplor tempat wisata yang hendak Anda tuju.

 

Di malam harinya meskipun Anda lelah, Anda akan tertidur pulas sambil tersenyum karena telah merasakan pengalaman baru.

 

5. Nikmati waktumu sebebas mungkin

Mungkin pada satu waktu, Anda akan merasa kesepian. Namun ingat, Anda bebas melakukan apa pun yang Anda inginkan dan tidak bisa dilakukan ketika traveling bersama orang lain.

 

Artinya, Anda bisa tiba-tiba berubah pikiran mengenai tempat tujuan dan Anda bisa pergi ke restoran mana pun yang Anda suka tanpa perlu takut ada yang komplain.

 

6. Tetap waspada dengan sekeliling Anda

Tidak peduli apakah Anda traveling sendirian atau beramai-ramai, keamanan adalah salah satu hal yang harus Anda waspadai.

 

Selalu patuhi peraturan lokal yang berlaku, waspada ketika berjalan di malam hari, hati-hati dengan penipuan yang marak terjadi pada turis, dan perhatikan barang bawaan Anda. Jika sudah mempersiapkan hal ini, selebihnya selamat menikmati liburan solo Anda! * (Syam)