Oleh : Syamhudi

 

Jakarta, Mediaprofesi.com - PT Dua Kelinci melalui brand makanan ringan ternama Sukro dan Krip Krip Tortilla, mengumumkan telah resmi bekerjasama berupa sponsorship dengan dua tim esports professional ternama Indonesia, yaitu Team Rex Regum Qeon (RRQ) dan EVOS Esports.

 

Team RRQ dan EVOS Esports adalah tim esports yang sangat populer serta memiliki tim dengan divisi gaming yang terlengkap di Indonesia saat ini.

 

“Sejak awal, kami mengikuti perkembangan esports sebagai hobi yang digandrungi oleh banyak anak muda di tanah air. Setelah esports diresmikan sebagai cabang olahraga oleh Kemenpora, kami semakin yakin untuk mendukung aktivitas yang dapat mendorong ke arah yang positif ini,” ujar Edwin Sutiono, selaku Direktur PT Dua Kelinci dalam jumpa pers hari ini, Senin (18/2/2019) di Jakarta.

 

Oleh karena itu, ujar Edwin, kedua brand mengambil kesempatan tersebut dengan Sukro, produk kacang bersalut yang mensponsori Team RRQ, dan Krip Krip Tortilla, produk keripik jagung (tortilla chips) yang mensponsori EVOS Esports.

 

Masing-masing logo dari kedua brand tersebut pun sudah terpasang pada official jersey yang dikenakan oleh masing-masing tim.

 

Soal dana yang digelontorkan bagi kedua tim ini, Edwin tidak mau merinci besaran nilainya, namun dia menyebut jumlah yang disiapkan sebesar 5% dari total dana promosi.

 

“Kerjasama ini berlangsung selama satu tahun, namun tidak menutup kemungkinan akan diperpanjang, jika kedua tim ini menunjukkan prestasi yang memuaskan, dan sesuai target,” papar Edwin.

 

Dia menjelaskan alasan dukungan yang diberikan, mengingat peningkatan potensi dan prestasi anak bangsa yang berkompetisi dalam cabang olahraga baru yang sedang naik daun, esports.

 

Disebutkan bahwa penetrasi pemain esports di Indonesia saat ini sudah mencapai lebih dari 20 juta orang. Data yang ada menunjukkan bahwa penetrasi user gaming akan mencapai 12,5 persen pada tahun 2023 nanti.

 

“Fakta inilah yang mendasari kami untuk serius mensponsori tim esports di Indonesia melalui brand Sukro dan Krip Krip Tortilla karena kami ingin lebih dekat lagi dalam keseharian para pecinta esports,” tambahnya.

 

Tak bisa dipungkiri lagi, sejak diperkenalkan dalam eksibisi di Asian Games 2018, sehingga membuat esports semakin diminati oleh anak-anak muda di Indonesia.

 

Sebagaimana cabang olahraga tradisional, esports juga memiliki basis penggemar yang sangat besar dan juga beragam tim profesional yang berprestasi. Bahkan tim-tim tersebut tak hanya berkompetisi di tingkat lokal, tapi juga nasional dan internasional.

 

Guna lebih mempopulerkan kegiatan esports, rencananya dalam waktu singkat akan mengadakan sosialisasi ke berbagai sekolah dan kampus. Hal ini dilakukan untuk mempercepat perkembangan esports dikalangan anak muda agar menjadi lebih professional, dan dapat berbicara di tingkat nasional dan internasional.

 

Kedua tim juga sudah mempunyai agenda di beberapa even yang akan diikuti baik di tingkat nasional, regional Asean dan bahkan event internasional. * (Syam)