Oleh : Syamhudi

 

Jakarta, Mediaprofesi.com – Tingkat kesadaran kesehatan keluarga di Indonesia hingga saat ini dinilai masih rendah. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI, dari 30 juta keluarga yang didata, ada 83,2 persen atau 24,96 juta keluarga yang belum sadar kesehatan, sementara yang sadar dan paham pentingnya kesehatan hanya 16,8 persen.

 

Melihat kondisi tersebut, PT Tokuyo Jaya mencoba menawarkan Smart Treadmill TT-300 sebagai solusi bagi masyarakat yang mungkin terkendala waktu dan lahan untuk berolahraga.

 

Dan bukan sekedar alat olahraga biasa, Smart Treadmill TT-300 sudah terintegrasi dengan sistem Internet of Things (IoT) melalui aplikasi SmartTreadmill yang tersedia di Apple Store dan Google Play Store.

 

Untuk membuat orang mau berolahraga ditengah kesibukan, sehingga dibuat desain yang unik dan fashionable layaknya sebuah sepeda motor, membuat produk ini menjadi hot selling di Taiwan serta Korea Selatan.

 

Produk ini pun dilengkapi dengan tempat untuk menaruh botol minuman, phone holder, hingga port USB untuk men-charge handphone.

 

Lewat aplikasi itu kita bisa simpan history penggunaan, melakukan simulasi lari dari satu tempat ke tempat lain di maps, melihat detak jantung, melakukan pengaturan tanpa harus menggunakan layar sentuh yang ada di unit.

 

“Semua koneksi menggunakan Bluetooth, yang juga tersambung dengan speaker yang ada di unit untuk memutar lagu,” kata Supervisor PT Tokuyo Jaya, Mr. Jimmy Huang.

 

Kemudahan dalam penyimpanan juga menjadi salah satu keunggulan, dimana pengguna hanya tinggal melipat kebawah dengan menekan tombol yang ada di pegangan tangan, lalu kemudian bisa ditaruh dibawah meja atau kasur, atau bisa juga disimpan dengan posisi berdiri karena ada kaki penyangganya.

 

Dalam mempekenalkan produk ini ke masyarakat, Tokuyo baru-baru ini sudah menjalin kerjasama dengan salah satu toko olahraga.

 

“Di Jakarta sudah bisa didapatkan di 5 showroom, yakni di Pondok Indah Mall, Pluit Village, Taman Anggrek, Summarecon Mall Serpong, dan Baywalk Mall. Di Makassar dan Surabaya juga sudah ada,” ujar Jimmy.

 

Dibanderol dengan harga sekitar 13-14 juta rupiah, Smart Treadmil TT-300 memiliki 4 pilihan warna, yakni putih, kuning, biru, dan merah.

 

Produk ini pun sudah masuk ke pasar Vietnam dan Filipina. Karena desainnya yang kecil dan minimalis, produk ini hanya dijual di kawasan Asia saja, sesuai dengan postur tubuh masyarakatnya.

 

Untuk diketahui, produk Smart Treadmill TT-300 milik Tokuyo telah mendapatkan penghargaan Taiwan Excellence dari pemerintah Taiwan.

 

Dalam waktu dekat, produk ini akan hadir di ajang Taiwan Excellence Leisure Brand Fair and Zumba Fest 2019 di Mall Kota Kasablanka Jakarta, dimana pengunjung dapat mencoba dan merasakan manfaat dari produk inovatif ini. * (Syam)