Oleh : Wahyu

 

Sepang, Mediaprofesi.com - Hari yang telah ditunggu-tunggu, ajang Blancpain GT World Challenge Asia 2019 resmi dimulai. Official practice, qualifying 1 dan qualifying 2 telah menjadi agenda pada hari ini. Official practice dimulai pada jam 8:15 dan dilanjutkan dengan sesi kualifikasi yang dimulai pukul 12:23 waktu setempat.

 

Setelah mendapatkan urutan untuk menentukan grid atau posisi awal mobil, race pertama dimulai tepat pada pukul 16:15 sore hari ini.


Seperti yang biasa dilakukan, sesi pertama dibuka oleh iring-iringan di belakang safety car selama hampir 5 menit. Pada saat iring-iringan berlangsung, T2 Motorsports berada pada posisi ke-14 dan langsung turun ke urutan 18 setelah T2 memutuskan untuk melakukan pergantian ban.

 

Irmawan Poedjoadi selaku team principal mengaku bahwa race kali ini tidak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh T2, “Race tidak sejalan dengan apa yang kami harapkan, dimana faktor cuaca juga menjadi ganjalan utama kami dalam mendapatkan hasil yang maksimal. Pada start, hujan turun di sebagian area yang dimana T2 memutuskan untuk melakukan pergantian ban.”


Pada menit ke-28, T2 melakukan switching driver dan pada saat yang bersamaan T2 kembali mengganti ban menjadi ban kering. Rio Haryanto yang menjadi driver ke-2 pada race kali ini, berhasil mengejar ketertinggalan dan menembus peringkat ke-18 dalam kurun waktu 30 menit.

 

Yang membuat pertandingan ini menarik adalah race pace yang dimiliki Rio Haryanto tidak berbeda dengan yang didapatkan oleh 3 peringkat teratas.


Walaupun hasil hari ini tidak sesuai dengan yang diharapkan, T2 akan terus berupaya untuk memberikan hasil maksimal “strategi kami adalah meminimalisir waktu saat pergantian driver dan juga tampil lebih agresif lagi” ungkap Irmawan Poedjoadi.


Ajang Blancpain GT World Challenge ini dapat disaksikan secara live melalui official YouTube channel GTWorld ataupun melalui siaran TV Fox Sports. Race ke-2 akan berlangsung pada hari minggu pukul 10:50 waktu setempat. * (Wah/Syam)