Oleh : Syamhudi

 

Jakarta, Mediaprofesi.com – Satu lagi program olahraga yang marak digandrungi saat ini, yakni STRONG by Zumba, High Intensity Interval Training (HIIT) adalah program yang menggabungkan latihan beban, pembentukan otot, kardio dan gerakan pilometrik yang diselaraskan dengan musik.

 

“Program ini, tak hanya memiliki manfaat besar bagi kebugaran tetapi juga dinilai sebagai olah raga yang menyenangkan,” ujar ujar Ai Lee Syarief, founder STRONG by Zumba saat ditemui di acara Master Class STRONG by Zumba di Senayan City, Jakarta hari Sabtu (5/10/2019).

 

Menurut Ai Lee Syarif menyatakan, orang yang ingin berpartisipasi tidak akan melakukan gerakan tarian seperti yang zumba lakukan. Kesamaannya hanya ada pada penggunaan musik dalam olahraganya.

 

Gerakan-gerakan yang dilakukan di STRONG by Zumba lebih berfokus pada martial arts seperti gerakan memukul dan menendang, serta tambahan gerakan kardio dan memaksimalkan otot.

 

Gerakan bela diri yang dimasukkan ke dalam olahraga ini dikarenakan kedua pendirinya, Ai Lee Syarief dan suaminya, Umar Syarief adalah mantan atlet karate. Mereka merasa bahwa setiap gerakan dari seni bela diri memiliki fungsi yang besar ke tubuh.

 

"Sebenarnya satu gerakan bela diri akan sangat bermanfaat ke seluruh tubuh. Saat Anda mengeluarkan satu tinjuan, Anda membutuhkan tenaga dari seluruh tubuh. Gerakan-gerakan tersebut juga akan memaksimalkan fungsi otot tubuh," tambah Ai Lee.

 

Tidak ada syarat khusus bagi orang yang ingin mencoba, hal terpenting yang harus diperhatikan adalah kemampuan fisik saja. Pada dasarnya, STRONG by Zumba hanya memiliki satu jenis kelas. Tapi, ada tiga level kesulitan yang akan dicobakan oleh instruktor, yakni level bawah, menengah dan tinggi.

 

"Kami hanya ada kelas STRONG by Zumba, tidak ada kelas untuk pemula atau yang sudah mahir. Nantinya, instruktor akan menyesuaikan gerakan sesuai level dengan melihat kemampuan rata-rata partisipan," ujar Ai Lee lagi.

 

Saat ini, STRONG by Zumba mulai berkembang di Indonesia dan dunia. Dalam master class yang dilaksanakan pada 5 Oktober 2019, tercatat ada 350 peserta yang ikut. Saat dilaksanakan di Malaysia, ada sekitar 750 orang.

 

Total sudah ada 12.000 lokasi di dunia yang menyediakan program STRONG by Zumba. Di Indonesia, Anda bisa menemukan instruktor olahraga ini di beberapa tempat fitness, seperti Celebrity Fitness. Satu sesi kelas STRONG by Zumba akan memakan waktu 30 sampai 55 menit. * (Syam)