Oleh : Syamhudi

 

Jakarta, Mediaprofesi.com – Tak bisa dibendung antusias para pelajar SMA Avicenna mengikuti kegiatan Coffee Fair untuk Pelajar SMA dan SMK sebagai bagian dari inisiatif Jagad Kopi.

 

Kegiatan yang diselenggarakan oleh perusahaan ternama nasional Kapal Api Global merupakan rangkaian acara Penutupan AviCup 2019, yang tahun ini diselenggarakan di 5 kota besar di Indonesia.

 

Kota Jakarta dipilih sebagai kota terakhir yang menyelenggarakan inisiatif Jagad Kopi untuk meningkatkan pengetahuan dan kecintaan terhadap kopi.

 

"Kopi kini menjadi salah satu komoditi kebanggaan Indonesia, sehingga kami di Kapal Api Global menganggap penting untuk memperkenalkan pengetahuan tentang kopi kepada siswa SMA dan SMK sebagai bagian dari insiatif Jagad Kopi," kata Pangesti Bernardus, Head of Corporate Communication Kapal Api Global kepada wartawan di sela kegiatan sosialisasi hari Jumat (22/11/2019) di Jakarta.

 

Menurut Chichi, kolaborasi dengan SMA Avicenna untuk menerapkan konsep integrated learning ke dalam pengetahuan tentang kopi, kami yakini dapat membuka cakrawala pengetahuan baru tentang kopi bagi siswa-siwa SMA.

 

Kepala Sekolah SMA Avicenna Jagakarsa, Luli Indragunadi, S.Si mengatakan pengintegrasian pembelajaran seperti halnya pembelajaran mengenai kopi, diharapkan dapat membantu siswa untuk memahami kaitan antara satu bidang ilmu dengan lainnya.

 

“Pembelajaran hari ini memberikan pengetahuan baru bagi siswa dalam memahami proses hulu sampai hilir,” jelas Indra.

Dari proses penanaman, misalnya, ujar Indra setidaknya ilmu geografi dan biologi diperlukan. Dalam proses pengolahan menjadi berbagai varian rasa, setidaknya ada ilmu kimia dan fisika yang terlibat.

 

“Mengenai manfaat dapat dikaji dari sosiologinya, dan penjualan serta distribusi dapat di kaji melalui ilmu ekonomi. Alhamdulillah, kapal api dapat mensupport kegiatan ini di sekolah kami,” paparnya.

 

Dia berharap dengan mengetahui potensi ekonomi yang besar, akan mendorong siswa tertarik mengembangkan wirausaha.

 

Dalam kesempatan ini, empat orang Coffee Knights - Duta Kopi Kapal Api Global, masing-masing Luh Putu Putri Maswidhi Sundari, Tito Herdiyanto, Ade Herlambang dan Reza Nur Hidayat dihadirkan untuk memberikan mini class pada siswa sekolah Avicenna.

 

"Teknik manual brewing adalah cara menyeduh kopi untuk mendapatkan rasa terbaik. Caranya tidak terlalu sulit dipelajari, sehingga anak-anak dan orangtua bisa mempelajarinya," kata Tito Herdiyanto.

 

Ade Herlambang yang mengajarkan latte art mengatakan keindahan latte art dalam secangkir bisa menambah daya tarik orang untuk menikmati kopi dan menarik bagi anak-anak untuk mempelajarinya.

 

Luh Putu Putri dalam kesempatan ini berbagi tentang pengetahuan bahwa kopi memiliki berbagai citarasa selain rasa pahit. Sedangkan Reza Nur Hidayat berbagi pengetahuan tentang hal-hal yang memengaruhi citarasa kopi.

 

Dalam kegiatan yang berlangsung selama 2 hari tersebut siswa SMA Avicenna Jagakarsa terlihat antusias mengikuti berbagai materi yang disampaikan para Coffee Knights, sembari menikmati kopi dingin yang disajikan.

 

“Siswa juga mengikuti lomba membuat vlog dan majalah dinding 3D yang bertemakan tentang kopi,” tutup Chichi. * (Syam)