Oleh : Yudi

 

Hong Kong, Mediaprofesi.com - Festival de Cannes Film Week pertama di Asia melakukan debutnya yang telah lama ditunggu di destinasi budaya K11 MUSEA dengan menggelar malam pembukaan pada 12 November.

 

Adrian Cheng, pendiri K11 Group dan Thierry Frémaux, General Delegate Festival de Cannes dengan resmi membuka Festival de Cannes Film Week pertama di Asia. Pada malam pembukaan tersebut secara resmi meluncurkan pekan ikonis untuk budaya sinema di Hong Kong dan seluruh Asia.

 

Dilangsungkan di K11 MUSEA, sineas elit dari industri film Hong Kong seperti sutradara Wong Kar Wai, filmmaker Ann Hui, sutradara Johnnie To, sutradara Yonfan, sutradara Teddy Robin, sutradara Flora Lau, produser Yvette Tang dan sinematografer Christopher Doyle menghadiri upacara pembukaan bersama dengan para filmmaker dan aktor dari Festival de Cannes ke-72.

 

Di antara mereka hadir para sutradara kelas dunia Jean Pierre dan Luc Dardenne (duo sutradara Young Ahmed), aktor Vincent Lacoste dari On a Magical Night (Chambre 212), dan sutradara The Climb Michael Angelo Covino. Kehadiran mereka membawa semangat dari festival film paling bergengsi di dunia ke Hong Kong.

 

Mereka pun ditemani oleh para aktor dan aktris yang up-and-coming seperti Fala Chen, Janice Man, Hanna Chan, Adam Pak, Rachel Leung dan Himmy Wong untuk menciptakan suasana spektakuler yang berisi dialog antar-budaya melalui kecintaan pada film.

 

Pembukaan Festival de Cannes Film Week ditandai juga oleh pengembangan generasi baru talenta di industri film, di mana pengetahui dan sudut pandang diturunkan dari para maestro sinema kepada mereka yang baru muncul untuk membentuk masa depan sinema.

 

“Hong Kong seringkali datang ke Cannes, jadi tentu saja Cannes pun datang Hong Kong. Kami sangat gembira berada di K11 MUSEA di Hong Kong,” demikian pernyataan Thierry Frémaux.

 

“Menjadi kegembiraan bagi saya untuk mempersembahkan Festival de Cannes Film Week pertama di Asia di K11 MUSEA,” ungkap Cheng.

 

Gol kami, ujar Cheng untuk K11 MUSEA dan distrik Victoria Dockside secara keseluruhan adalah untuk membuat ‘Silicon Valley of Culture’ di Hong Kong, dan dengan bekerja bersama Thierry dan timnya.

 

“Kami telah menemukan partner dengan visi yang sama untuk mengembangkan budaya film, memelihara talenta internasional dan membuat konten kultural kelas dunia jadi lebih mudah diakses bagi penonton. Saya harap in menjadi Film Week yang pertama dari yang lain di masa depan,” jelasnya.

 

Selama seminggu penuh, acara ini akan mengadakan pemutaran film, presentasi dan masterclass dari para filmmaker legendaris Jean-Pierre dan Luc Dardenne dan Thierry Frémaux.

 

Diadakan di K11 Art House selama 12-17 November 2019, Festival de Cannes Film Week yang pertama akan memutar enam film dari jajaran Official Selection 2019 dari Festival de Cannes. * (Yud/Syam)