Oleh : Yudi

 

Jakarta, Mediaprofesi.com – Tokyo, Bangkok, dan Taipei adalah tiga destinasi terfavorit para pelancong Asia untuk merayakan Tahun Baru Imlek. Demikian menurut data Agoda, salah satu platform perjalanan digital dengan perkembangan tercepat di dunia.

 

Tahun ini, Tokyo menggeser Bangkok dari posisi teratas, dengan terus menanjak dari tempat ketiga pada tahun 2018 ke posisi tertinggi, sementara Taipei pindah ke posisi ketiga.

 

Taiwan menjadi destinasi wisata penting tahun ini, dengan empat kotanya masuk dalam daftar sepuluh besar, yaitu Taipei (#3), Taichung (#4), Kaohsiung (#6) dan Tainan (#9). Destinasi favorit lainnya untuk menyambut Tahun Baru Imlek adalah Seoul (#7) dan Chiang Mai (#10).

 

Tahun Baru Imlek, yang juga dikenal sebagai Festival Musim Semi, adalah momen terjadinya migrasi global terbesar, di mana orang-orang di seluruh dunia mengunjungi keluarga dan teman-teman mereka.

 

Menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga dan menikmati suguhan makan malam yang lezat sangat diutamakan selama Tahun Baru Imlek sehingga menjadikannya sebagai waktu yang tepat bagi seluruh keluarga untuk bepergian bersama.

 

Maka, tidak mengherankan jika Jepang, Malaysia, dan Thailand meraih posisi sebagai destinasi wisata terfavorit secara keseluruhan bagi para pelancong Asia untuk menyambut Tahun Baru Imlek karena masing-masing negara ini menawarkan perpaduan unik antara sajian kuliner yang lezat, pengalaman budaya, dan surga belanja bagi setiap anggota keluarga.

 

Rangkuman Perjalanan Tahun Baru Imlek berdasarkan Negara:

o Wisatawan dari China berbondong-bondong mengunjungi Jepang, dengan Tokyo, Osaka, dan Sapporo menjadi kota tujuan internasional utama bagi wisatawan China.

o Jepang menjadi negara nomor satu bagi wisatawan dari Thailand pada Festival Musim Semi ini, yang memilih delapan kota di Jepang dalam daftar 10 kota terfavorit.

o Sementara pelancong Jepang lebih memilih destinasi tropis pada Tahun Baru Imlek ini, dengan Bangkok, Pattaya, dan Chiang Mai di Thailand masing-masing berada di posisi ke-1, ke-3 dan ke-9. Sementara Singapura, Cebu, dan Honolulu berada di urutan ke-7, ke-8 dan ke-10. Seoul naik dari peringkat ke-4 pada tahun 2019 ke posisi ke-2 tahun ini.

o Wisatawan Korea Selatan memilih destinasi pantai untuk merayakan 'Seollal', di mana 10 kota terfavorit mereka adalah Nha Trang (#3), Da Nang (#4) (Vietnam), Cebu (#6) (Filipina), Guam (#8) (Mikronesia), dan Bali (#10) (Indonesia).

o Malaysia, Indonesia, dan Thailand menjadi destinasi favorit para pelancong Singapura di Tahun Baru Imlek ini, dengan Batam, Johor Bahru, dan Kuala Lumpur menyandang gelar tiga kota terfavorit.

o Wisatawan Taiwan yang memilih tujuan internasional untuk merayakan Festival Musim Semi berbondong-bondong mengunjungi Jepang, di mana 7 dari 10 destinasi terfavorit mereka berada di negara ini. Seoul (#6) dan Busan (#9) di Korea Selatan juga menjadi favorit tahun ini.

o Pelancong Vietnam merayakan 'Tet Nguen Dan' (atau Tet), dan tahun ini, sekali lagi, para wisatawan Vietnam yang mencari destinasi internasional untuk merayakan Festival Musim Semi, lebih memilih kota-kota kosmopolitan yang ramai seperti Bangkok (#1), Singapura (#2), Taipei (#3).

o Malaysia, negara dengan pengunjung kedua terbanyak dari para wisatawan seluruh Asia untuk Tahun Baru Imlek ini, juga meraih lima dari 10 destinasi internasional terfavorit bagi para pelancong Indonesia, seperti Kuala Lumpur (#1), Genting Highlands (#4), Penang (#6), Johor Bahru (#8), dan Kuching (#9).

o Wisatawan Malaysia yang ingin merayakan Festival Musim Semi di destinasi internasional, memilih negara tetangga Thailand dan lima kota di negara tersebut dalam daftar 10 destinasi utamanya (Hat Yai, #1; Bangkok, #2; Krabi, #3; Phuket, #4; dan Koh Lip, #10).


Indonesia

Kendati Tahun Baru Imlek baru ditetapkan sebagai hari libur nasional di Indonesia pada tahun 2003, momen liburan telah menjadi salah satu perayaan paling menonjol di Tanah Air.

 

Pada tahun 2020, Malaysia, Jepang, dan Thailand masih menjadi negara terpopuler untuk dikunjungi selama dua tahun berturut-turut.

 

Malaysia memimpin dengan banyaknya destinasi wisata yang dapat dikunjungi oleh wisatawan Indonesia, seperti Kuala Lumpur (#1), Genting Highlands (#4), Penang (#6), Johor Bahru (#8) dan Kuching (#9). Tahun 2020 juga menandai tahun pertama Osaka (#7) dan Kyoto (#10) muncul di daftar destinasi favorit orang Indonesia selama Tahun Baru Imlek.

 

Di sisi lain, orang Singapura juga memiliki preferensi dalam merayakan liburan Tahun Baru Imlek mereka di Indonesia, destinasi kedua terfavorit wisatawan Singapura. Sementara destinasi pantai menjadi yang terpopuler bagi warga Singapura, dengan Batam (#1), Bintan (#6), dan Bali (#7) masuk dalam daftar tahun ini. * (Yud/Syam)