Oleh : Syamhudi

Jakarta, MediaProfesi.com – Sinar Mas Land melalui salah satu proyeknya Bumi Serpong Damai (BSD) City telah meraih Indonesia Suistanable Business Award (SBA) 2012 untuk kategori Infrastruktur pada tanggal 9 Mei 2012 di Jakarta.

Penghargaan yang digelar oleh Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia bekerjasama dengan dua perusahaan independen yang mempunyai reputasi internasional dalam bidang pengembangan bisnis berkelanjutan dan berkantor berkantor pusat di Singapura yaitu Global Initiatives dan Climate Business.

Chairwomen for Environment and Climate Change, KADIN, Shinta Widjaja Kamdani mengatakan SBA adalah program tahunan global yang mengakui praktek dan kepemimpian terbaik dalam menjalankan bisnis berkelanjutan diantara perusahaan-perusahaan local dan multinasional.

“Program ini diluncurkan pertama kalinya di Indonesia. Dan para pemenang yang terdiri dari 22 penghargaan diserahkan dalam suatu acara makan malam (gala dinner),” ujar Shinta di sela acara penganugerahan penghargaan kepada pemenang di Jakarta (10/5/2012).

Menurutnya, penilaian yang dilakukan oleh kedua perusahaan global tersebut untuk award ini kriterianya sangat ketat sekali, karena mereka menggunakan system matrik internasional

“Jadi bukan kita dari lokal yang menilai, semuanya dalam penilaian dilakukan oleh Global Initiatives dan Climate Business yang telah mempunyai suatu sistem mengenai perusahaan yang memenuhi kriteria. Jadi mereka bukan hanya menyebutkan apa itu green company. Jadi ada kriteria2 yang sangat jelas dan harus mengikuti standar itu,” jelasnya.

Chief Executive Officer, Climate Business, Alex Mac Gillivray menyatakan, sangat senang dengan tingginya tingkat antusias yang ditunjukkan oleh pelaku bisnis di semua sektor di Indonesia untuk bergabung dalam upaya merintis bisnis berkelanjutan.

Ditambahkannya, metodologi SBA dirancang untuk membantu perusahaan-perusahaan dalam menjalankan bisnis berkelanjutan mereka, dengan melalui penggabungan tolak ukur fitur terbaik, dan proses penghargaan secara global agar benar-benar dapat memberikan green strategy dan manfaat bisnis.

Managing Director Corporate Strategy and Services Sinar Mas Land, Ishak Chandra mengatakan bahwa award itu adalah hanya sebagai pengakuan dari segala hal yang telah kita lakukan oleh pelaku bisnis, asosiasi dan masyarakat.

Menurutnya, bukanlah tujuan kita untuk mendapatkan award.Tapi dengan adanya award yang kita terima itu, bisa mengukur inisisatif yang telah kita punyai, apakah sudah benar atau tidak, apakah itu diakui masyarakat atau tidak.

Semuanya yang memberikan penilaian adalah masyarakat. “Dan award kan bukan kita yang kasih, masyarakat yang menilai. Jadi itu salah satu bukti bahwa apa pun yang kita lakukan sama pro planet ini menunjukkan telah diakui oleh masyarakat,” tambahnya di sela gala dinner penyerahan award.

Sinar Mas Land sebenarnya telah menerapkan strategi suistainable business secara konsisten, diantaranya Sinar Mas Plaza sebagai kantor pusat Sinar Mas Land dengan konsep green building. Kemudian juga punya konsep green business district, dan punya eco property yang semuanya dalam rangka strategi untuk suistain business in the future.

“Tentu saja hal itu untuk membuat sesuatu yang bisa eco friendly, bagaimana kita membuat sesuatu yang in the long run mungkin bisa reduce kita punya cost,” terang Ishak.

Strategi properti sinar mas land di business unit menerapkan inisiatif yang arahnya ke eco friendly, sehingga secara otomatis juga semua projek menjadi yang ramah dengan lingkungan, bisa mengurangi penggunaan energi ke depan, dan ujungnya adalah suistainable business.

“Sebenarnya bisnis berkelanjutan yang kita jalankan ini bukan tujuan kita untuk penjualan. Tapi pada akhirnya nanti bahwa customer melihat itu sebagai added value buat mereka, itu merupakan indrictly impact,” tuturnya. * (Syam)