Oleh : Syamhudi

 

Serang, MediaProfesi.com - Produsen otomotif asal Hongkong Sokon Group serius menggarap pasar otomotif di Indonesia, dengan menggelontorkan dana sebesar USD 150 juta dalam pembangunan pabrik dikawasan yang terletak Kawasan Industri Modern Cikande, Serang, Provinsi Banten.

 

Pabrik yang menempati lahan seluas 20 hektar ini telah diresmikan melalui penandatanganan sebuah prasasti oleh Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto hari Selasa (28/11/2017) tanda resmi mulai beroperasinya pabrik.

 

Dalam penggarapan pabrik ini Sogon Group menggandeng perusahaan otomotif nasional PT Kaisar Motorindo Industri, dan selanjutnya membentuk sebuah perusahaan patungan PT Sokonindo Automobile (Sokonindo).

 

“Pabrik ini sendiri dimulai pada tahun 2014, dan pembangunan fisik pada tahun 2015 kemudian selesai pada pertengahan tahun 2017, dan diresmikan pada hari ini, dengan menelan dana sebesar USD 150 juta,” ujar Alexander Barus, CO-CEO Sokonindo dalam kata sambutannya pada acara peresmian.

 

Menurut Barus, investasi yang ditanamkan tentu tidak akan berhenti sampai disini saja, kedepannya akan ditingkatkan sampai USD 300 juta untuk membangun engine plant.

 

Dia juga menjelaskan pabrik ini dibangun dengan konsep “pabrik unggul” dengan tingkat otomatisasi tinggi, dimana semua proses penting dilakukan dengan lengan-lengan robot.

 

Proses produksi kendaraan yang dilakukan di pabrik ini meliputi dari pencetakan plat baja (stamping), pengelasan (welding), pengecatan (painting). Perakitan (assembling), serta proses control kualitas (quality control).

 

Dirinya juga menyatakan dipabrik ini nantinya akan merancang untuk memproduksi model-model berkualitas tinggi, mulai dari SUV, MPV maupun niaga ringan.

 

"Sebagai merek baru di Indonesia, fokus utama kami adalah pada produk yang kami buat, dan memastikan kualitas yang diproduksi di pabrik berteknologi tinggi. Ini merupakan smart factory berstandar international dengan tingkat kepresisian dan daya saing yang tinggi," paparnya.

 

Franz Wang, Marketing Director Sokonindo, mengatakan, kalau Indonesia merupakan pasar utama bagi Sokonindo, pada masa yang mendatang akan memperkenal pertama kalinya produk anyar dengan mengusung teknologi terbaru untuk konsumen di dalam negeri.

 

Produk pertama yang secara resmi diproduksi di pasar Indonesia adalah Glory 580, sebuah SUV perkotaan 7-penumpang yang lapang. Dan dalam waktu dekat akan terus memperkenalkan model SUV yang menarik ke pasar Indonesia.

 

Sebelumnya, sejak pertengahan tahun 2017 ini, Sokonindo juga telah memperkenalkan produk Pick-Up SuperCab di pasar kendaraan komersial yang juga diproduksi di pabrik ini.

 

Saat ini 90 persen dari tenaga kerja yang ada merupakan sumber daya manusia (SDM) Tanah Air, yang terus menerus akan mendapatkan binaaan dan pelatihan untuk menjadi mahir di industri otomotif tanpa meninggalkan kearifan budaya lokal.

 

Target lainnya adalah menempatkan generasi muda Indonesia pada posisi manajemen bidang manufaktur, teknologi, kualitas, dan penjualan.

 

Pabrik Sokonindo akan menciptakan 2.000 tenaga kerja langsung, belum termasuk sekitar 4.000-4.500 lainnya yang terserap pada operasional mata rantai produksi dan distribusi, mulai dari pemasok sampai jaringan dealer.

 

Untuk melayani para pelanggannya, Sokonindo juga terus mengembangkan jaringan penjualan dan layanan purna jual di seluruh Indonesia. Saat ini, 30 dealer Sokonindo yang melayani penjualan dan layanan purna jual telah terdapat di Indonesia.

 

Rencananya dalam tiga tahun ke depan, jumlah titik layanan penjualan dan purna jual ini akan bertambah menjadi 150 dealer. * (Syam)