Oleh : Syamhudi

 

Las Vegas, MediaProfesi.com – Honda memperkenalkan berbagai fungsi dan desain robot serta Artificial Intelligence (AI) di ajang International Consumer Electronics Show 2018 (CES) yang diadakan pada 9-12 Januari 2018 di Las Vegas, Amerika Serikat.

 

Dikembangkan dengan konsep 3E (Empower, Experience, Empathy), display Honda tersebut ditampilkan untuk memaparkan visi dimana teknologi robot dan AI dapat membantu manusia dalam berbagai situasi.

 

Prinsip 3E yang dianut dalam pembuatan robot konsep adalah bagian dari fokus utama Honda di CES 2018, yaitu robotika, mobilitas dan manajemen energi.

 

Honda bertujuan meningkatkan aspek-aspek tersebut melalui kerjasama dengan rekan yang memiliki kesamaan visi dalam membangun teknologi.

 

Di CES 2018, Honda juga mendirikan booth Mobile Power Pack World yang menampilkan beragam alat bertenaga baterai yang dapat diganti dan diisi ulang, serta exchanger system yang memudahkan penyimpanan untuk suplai listrik berlebih.

 

President & CEO Honda R&D Yoshiyuki Matsumoto mengatakan, “Kita telah memasuki era dimana robot akan menjadi esensial di keseharian kita, dan robot memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia”. * (Syam)