Oleh : Syamhudi

 

Jakarta, Mediaprofesi.com – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bekerjasama dengan Reed Panorama Exhibitions dan Asosiasi terkait kembali menggelar perhelatan akbar tahunan Indonesia Transport, Supply Chain & Logistics (ITSCL) 2018 ke-5 pada tanggal 12-14 September 2018.

 

Event yang berlangsung selama 3 hari di Hall A, JIEXPO – Kemayoran, Jakarta ini mengusung tema “Innovation Towards Industrial Revolution 4.0, Are We Ready?”, dan terbuka untuk umum mulai pukul 10.00 – 17.00.

 

“Meningkatnya kebutuhan konsumen dan kemajuan teknologi telah mendorong pertumbuhan bisnis transportasi dan logistik di Indonesia,” ujar Nofrisel, Kepala Komite Tetap Kadin Bidang Logistik, Supply Chain dan SDM dalam jumpa pers hari Rabu (5/9/2018) di Menara Kadin, Jakarta.

 

Nofrisel mengakui bahwa tren digitalisasi dan perdagangan online (e-commerce) yang terus berkembang mengajak semua pihak baik pelaku usaha dan pemerintah untuk berpartisipasi agar mampu terus tumbuh dan berkembang seiring dengan perubahan zaman.

 

Inovasi teknologi yang cepat dan perubahan gaya hidup di masyarakat menuntut industri untuk menyesuaikan diri.

 

Dirinya juga menyebut bahwa penggunaan teknologi memungkinkan tercapainya efisiensi dan efektivitas pengiriman barang maupun penyimpanan barang, sehingga diharapkan dapat mengurangi biaya logistik di Indonesia.

 

Mau tidak mau, sambungnya, perkembangan industri yang semakin terintegrasi ditunjang oleh pemanfaatan teknologi, seperti IOT (Internet of Things), Artificial Intelligence (AI), otomatisasi dan sebagainya, telah mendorong industri transportasi, logistik dan supply chain Indonesia untuk saling berkolaborasi secara intensif.

 

Ditempat yang sama, Darmansyah Tanamas, Ketua Komite Tetap Kadin Indonesia Bidang Perhubungan Laut menambahkan, penyelenggaraan ITSCL 2018 diharapkan dari menjadi sebuah momentum yang tepat untuk menampilkan kemajuan sektor transportasi dan logistik yang ada di tanah air.

 

Menurut Darmansyah baik transportasi udara, darat, dan laut, hingga peran kemajuan teknologi dalam menciptakan integrasi dengan pelaku bisnis e-commerce dan bisnis logistic lainnya.

 

Sementara Steven Chwee, General Manager Reed Panorama Exhibitions menambahkan, penyelenggaraan ITSCL 2018 diharapkan mampu menjadi platform peluang bisnis di sektor transportasi dan logistik.

 

Pada kesempatan ini juga akan menghadirkan beragam forum diskusi yang terbagi dalam 10 sesi dan international summit dengan tema “The Changing Paradigm of Transport & Logistics – How to Win Global Trade With Digitized Supply Chain”.

 

Penyelenggara menghadirkan 4 pembicara internasional dan puluhan pembicara dalam negeri sert pelaku usaha dari industri transportasi, supply chain dan logistik.

 

Di antara negara yang menyatakan akan hadir dalam event kali ini adalah Indonesia, Malaysia, Singapura, China, India, Vietnam, Jepang hingga Lithuania. * (Syam)