Oleh : Pratama

 

Jakarta, Mediaprofesi.com - Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, melalui salah satu unit usahanya PT Purinusa Ekapersada, menandatangani kesepakatan dengan Oji Holdings Corporation dari Jepang untuk membentuk usaha patungan (joint venture) senilai US$35 juta.

 

Berdasarkan kesepakatan tersebut, keduanya akan membangun sebuah pabrik konversi baru di Indonesia. Beroperasi di bawah nama PT Oji Sinar Mas Packaging, pabrik tersebut akan memproduksi kardus (corrugated carton) untuk memenuhi permintaan dalam negeri yang terus meningkat di Indonesia.

 

PT Oji Sinar Mas Packagingakan berlokasi di Bekasi, Jawa Barat dan diharapkan dapat mulai beroperasi pada Januari 2020. Pabrik baru inimenargetkan akan mampu memproduksi 5.000 ton corrugated carton dari bahan daur ulang setiap bulan.

 

“Selama puluhan tahun, Indonesia dan Jepang telah membina relasi ekonomi yang kuat. Kesepakatan usaha patungan ini mencerminkan kuatnya hubungan tersebut,” ujar Corrugated Carton Business Unit Head APP Sinar Mas Andre Ridwan.

 

Menurut Andre, kemitraan dalam wujud Oji Sinar Mas Packaging akan menyatukan kekuatan dari masing-masing perusahaan dalam memproduksi produk berbasis kayu, yang berkualitas tinggi, secara efisien dan berkelanjutan.

 

Selain itu, paparnya, kemitraan ini juga akan membuka pasar baru serta memperkuat hubungan kami dengan para konsumen di Indonesia.

 

Di Indonesia, permintaan akan kemasan dalam bentuk corrugated carton terus meningkat seiring bertumbuhnya industri barang konsumen (consumer goods).

 

Aplikasinya pun dapat ditemui di berbagai sektor, mulai dari sektor makanan, manufaktur, elektronik, hingga otomotif seperti suku cadang dan pelumas.

 

Produk corrugated carton APP Sinar Mas sepenuhnya berasal dari bahan daur ulang container board yang mayoritas dipasok oleh PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk, salah satu unit usaha APP Sinar Mas lainnya.

 

Bahan yang sama juga menjadi bahan baku produk kemasan yang akan dihasilkan oleh Oji Sinar Mas Packaging.

 

Dengan demikian, kemitraan tersebut akan memperkokoh posisi APP Sinar Mas maupun Oji Holdings Corporation dalam memenuhi kebutuhan para pelaku industri barang konsumen akan produk kemasan yang tak hanya berkualitas tinggi tapi juga berkelanjutan. * (Pra/Syam)