Oleh : Syamhudi

 

Denver, Mediaprofesi.com - Produk kemasan Foopak milik Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas meraih penghargaan Produk Terbaik dari Environmental Leader dan Energy Manager Today dalam acara konferensi tahunan Environmental Leader & Energy Manager (ELEMCON) di Denver, Amerika Serikat.

 

Foopak menawarkan inovasi kemasan dengan pelapis berbasis air sebagai alternatif ideal untuk menggantikan kemasan makanan berbahan plastik dan stirofoam.

 

Pelapis berbasis air lebih mudah terurai jika dibandingkan dengan pelapis berbasis petroleum, sembari tetap tahan basah, panas maupun dingin. Bahkan, kemasan Foopak yang dapat terurai dalam kurun waktu 12 minggu ini telah memenuhi persyaratan FDA dan bersertifikat ISEGA.

 

APP Sinar Mas, melalui Foopak, diakui sebagai pihak yang berhasil menghadirkan terobosan ramah lingkungan untuk industri kemasan sekali pakai.

 

Produk Foopak ini dapat mengurangi timbunan berton-ton karton berpelapis plastik yang mengandung polistiren dan polietilene di tempat pembuangan akhir sampah setiap tahunnya.

 

Menurut data Laporan Tren Konsumen Tahun 2018 yang dirilis APP Sinar Mas, konsumen mengaku tidak keberatan membayar lebih untuk produk-produk berkemasan ramah lingkungan. Sebanyak 35% dari responden bahkan mengaku rela membayar hingga 10% lebih mahal.

 

Foopak telah memenuhi seluruh kriteria pengelolaan produk makanan yang aman, serta secara efektif memenuhi tujuan berkelanjutan para konsumen dan produsen.

 

Penghargaan Produk Terbaik ini diselenggarakan setiap tahunnya oleh Environmental Leader dan Energy Manager Today untuk mengapresiasi keberhasilan produk dan proyek paling inovatif di bidang lingkungan, keberlanjutan, dan energi.

 

Penelitian dilakukan oleh sebuah panel independen yang beranggotakan pakar-pakar industri. Para pemenang dipilih berdasarkan kesuksesan proyek tersebut, kegunaan produknya, serta dampak positif yang diberikan dalam industri.

 

Senior Vice President and Global Business Unit Head APP Sinar Mas Felix Koh menyatakan merasa terhormat karena Foopak diakui sebagai produk inovatif dan mudah terurai.

 

"Salah satu tujuan usaha kami adalah menghadirkan produk berkelanjutan yang berdampak positif terhadap lingkungan," paparnya. * (Syam)