Oleh : Syamhudi

Serang, Banten, MediaProfesi.com – Ibu negara Hj. Ani Yudhoyono hari ini , Kamis (7/6/2012) secara serentak meresmikan mulai beroperasinya 27 Rumah Pintar (Rumpin) di seluruh wilayah Indonesia yang dipusatkan di Rumpin Baladatika Grup-1 Kopassus, Serang Banten.

Rumpin yang peresmiannya ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Ibu Hj. Ani Yudhoyono yaitu terdiri dari 23 Rumpin yang dikelola oleh Grup Sinar Mas yang tersebar di wilayah Sumatera, Kalimatan dan Papua. Kemudian 3 Rumpin yang dikelola oleh TNI yaitu Rumpin Baladika yang berada di Grup-1 Kopassus Serang Banten, Rumpin Angkasa Cendekia di Lanud Halim Perdanakesuma, Jakarta, Rumpin Ardya Cendekia, Lanud Hasanuddin, Makassar, dan 1 Rumpin yang dikelola yayasan yaitu Tungga Dewi dari Yayasan Tungga Dewi, Dadap Tangerang.

Dengan diresmikannya mulai beroperasinya 23 Rumpin ini, berarti hingga saat ini telah terdapat 28 Rumpin yang di kelola Grup Sinar Mas yang berlokasi di sekitar wilayah area Grup Sinar Mas beroperasi di seluruh Indonesia. Dan sebelumnya sudah terdapat 5 Rumpin yang sudah beroperasi yang dikelola Grup Sinar Mas.

Rumpin yang diluncurkan pertama kali pada tahun 2005 adalah sebuah program nasional yang digagas oleh Ibu Hj. Ani Yudhoyono melalui wadah Solidaritas Isteri Kabinet Bersatu (SIKIB) dengan tujuan menyiapkan generasi penerus bangsa yang pintar, cerdas dan cendekia.

Ada 5 pilar Rumpin, yaitu Indonesia pintar, Indonesia sehat, Indonesia peduli, Indonesia kreatif dan Indonesia hijau. Kelima pilar ini melambngkan semangat untuk membangun Indonesia yang lebih maju dan sejahtera.

Ibu Negara Hj. Ani Yudhoyono dalam kata sambutannya mengatakan bahwa Presiden sangat mendukung program Indonesia pintar, karena pendidikan merupakan tanggung jawab semua pihak, baik pemerintah, pihak swasta maupun masyarakat.

Semakin banyaknya partisipasi masyarakat dalam pendidikan, maka upaya cita-cita kita bersama untuk mencerdaskan anak bangsa sebagaimana diamanatkan dalam pembukaan UUD 45 dapat diwujudkan lebih cepat lagi.

“Hari ini kita menyaksikan kepedulia dan partisipasi masyarakat dalam perluasan kesempatan memperoleh pendidikan bagi anak-anak kita,” kata Hj. Ani Yudhoyono.

Dijelaskannya, di dalam Rumpin terdapat 5 sentra utama, yaitu sentra buku, sentra komputer. sentra permainan edukatif, sentra panggung dan audio visual serta sentra kriya yang ditujukan terhadap remaja dan ibu-ibu untuk diberikan keterampilan guna mengelola potensi yang ada dilingkungannya. Sehingga dapat lebih bermanfaat dan memperoleh nilai tambah untuk menambah penghasilan mereka.

“Di dalam Rumpin yang kita kedepankan adalah pembelajaran yang menyenangkan, pembelajaran yang bermakna dan pembelajaran yang terpadu guna mengembangkan multiple intelligent (ketegasan jamak),” tambahnya.

Dengan metode ini diharapkan anak-anak tidak hanya pintar tapi juga menikmati masa kanak-kanak mereka, sehingga dapat tumbuh secara alamiah. Selain itu, anak-anak dapat belajar sambil bermain, gaya imajinasi dan kreatif anak dapat lebih terasah.

“Kita mengginginkan suasana membaca, belajar dan bermain yang menyenangkan, sehingga anak-anak kita tidak mudah bosan,” terangnya.

Rumpin dapat dijadikan sebagai magnet masyarakat terutama anak-anak agar mau mengunjunginya. Para pengelola diharapkan dapat menggali kreativitasnya agar Rumpin bisa berkembang lebih luas, sehingga kehadirannya benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitarnya.

Sejak diluncurkan Rumpin pada tahun 2005 sudah ratusan rumpin dibangun di seluruh Indonesia. Selama ini SIKIB telah bekerjasama dengan Pemda, TNI, PLORI, swasta dan masyarakat. Hingga bulan Juni 2012 Rumpin yang sudah terbangun sebanyak 292 unit termasuk Rumpin yang diresmikan hari ini.

Dan selain Rumpin, lanjutnya, kita juga telah meluncurkan 150 unit mobil pintar, termasuk 2 unit yang dioperasikan di Lebanon, kemudian 2 unit yang telah dioperasikan oleh Yonif Linud 305 di perbatasan Kalimantan.

Kemudian ada pula motor pintar sebanyak 400 unit, sedangkan di beberapa kawasan yang tak terjangkau jalan darat maka kapal pintar menjadi opsi kami dan sampai sekarang sudah ada 3 kapal pintar yang beroperasi di Sungai Kapuas di Kalimantan Tengah, Sungai Mahakam di Kalimantan Timur dan Kepulauan Maluku.

Board Member of Sinar Mas, Franky O. Widjaja berharap anak-anak yang tinggal di sekitar fasilitas produksi perusahaan mempunyai fasilitas pendidikan luar sekolah berkualitas baik, sementara para ibu dan kaum perempuan juga berkesempatan mempelajari beraneka keterampilan guna mengisi waktu luang dan mendukung perekonomian keluarga.

“Selain kemampuannya mempertajam fungsi pendidikan luar sekolah bagi anak-anak, Rumpin juga dapat menjadi wadah peningkatan ketrampilan kaum perempuan. Terlebih keberadaan mereka selama ini telah memberikan kontribusi dalam tumbuh kembangnya perusahaan. Hal itu yang mendorong kami mengintegrasikan pembangunan dan pengoperasiannya ke dalam program corporate social responsibility (CSR),” ujarnya lagi.

Grup Sinar Mas dalam kesempatan acara peresmian Rumpin ini telah mewakafkan sebanyak 2.700 buah kitab suci Alquranuntuk dibagikan kepada 27 Rumpin tersebut.

Produk Alquran yang dibagikan Sinar Mas dibuat dari kertas produksi anak usaha Sinar Mas, Asia Pulp & Paper, Co. (APP). Kertas tersebut dibuat dari komposisi kayu tertentu yang telah disertifikasi halal. Kertas-kertas bersertifikat halal tersebut juga menjadi komoditas ekspor ke Timur Tengah, terutama ke Iran, Kuwait, dan Uni Emirat Arab. * (Syam)