Oleh : Septi

 

Jakarta, MediaProfesi.com – Yayasan Kebun Raya Indonesia melalui program Jaga Bhumi mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam acara pameran Rakornas 3 Pilar Partai PDI Perjuangan di ICE BSD Tangerang.

 

Dalam kesempatan tersebut YKRI  menampilkan rencana pembangunan Kebun Raya Mangroove Pertama di Dunia yang menjadi target utama Gerakan Jaga Bhumi.


Hadir dalam acara pembukaan, Presiden RI Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Presiden ketiga BJ Habibie, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung,  Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Pada kunjungannya ke stand Jaga Bhumi, Megawati Soekarno Putri mengajak Presiden Jokowi untuk memperhatikan salah satu jenis tanaman langka yang dipajang yaitu Anggrek yang berwarna ungu dan putih (Dendrobium anosmum) yang biasa tumbuh di daerah Papua dan Sulawesi.


Yayasan Kebun Raya Indonesia (YKRI) bekerja sama dengan Dyandra Promosindo menyelenggarakan Gerakan Jaga Bhumi, sebuah gerakan yang dicanangkan oleh YKRI dan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya Kebun Raya sebagai kawasan konservasi keanekaragaman tumbuhan di Indonesia.

 

Dengan menggunakan slogan “Kembalikan Kejayaan Alam Indonesia”, diharapkan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya Kebun Raya sebagai konservasi keanekaragaman tumbuhan di Indonesia.

 

Puncak Gerakan Jaga Bhumi akan diselenggarakan di Lapangan Golf Cipanas & Mandala Wangi, Cibodas, 14 – 15 April 2018. * (Sep/Syam)