Oleh : Syamhudi

 

Jakarta, Mediaprofesi.com - IdeAlogic, sebuah perusahaan yang bergerak dibidang Capacity Building yang terfokus pada Public Speaking resmi diluncurkan di Jakarta, sebagai jawaban atas berbagai tantangan yang dihadapi sebagian besar orang di industri kreatif di Indonesia.

 

Menurut survey yang dilakukan oleh Chapman University menyebutkan bahwa di negara maju seperti Amerika Serikat saja terdapat 25.9% warganya ketakutan berbicara di depan umum.

 

Sebuah fakta yang kontraproduktif mengingat rasa takut berbicara di depan umum menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Columbia University, masuk ke dalam kategori social phobia yang bisa berdampak negatif terhadap karier dan pekerjaan Anda

 

“Penelitian dari Columbia University tersebut bahkan memerinci, mereka yang takut berbicara di depan umum, menurut penelitian ini, berpeluang mendapatkan gaji 10% lebih rendah dibandingkan yang tidak memiliki masalah iniu,” kata Solih Aulia, founder dari IdeAlogic.

 

Ketidakmampuan berbicara di depan umum juga dapat menurunkan peluang dipromosikan ke tingkat manajerial yang lebih tinggi hingga 15%.

“Dari sinilah kami tergerak untuk meluncurkan IdeAlogic agar dapat membantu setiap orang untuk percaya diri berbicara di depan public,” jelas Solih.

 

Indikator kesuksesan suatu perusahaan, menurutnya, bisa dilihat dari cara SDM mereka menyampaikan sesuatu kepada atasan, klien, dan market (pasar) baik verbal ataupun non verbal. Dengan dukungan Pemerintah melalui Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif), IdeAlogic diharapkan dapat menjadi jawaban dari tantangan industri kreatif yang sering kita temui akhir-akhir ini.

 

IdeAlogic hadir sebagai solusi melakukan public speaking dengan pilihan materi training yang sesuai dengan kebutuhan yang ada, seperti Communication Skill, Presentation Skill, Personal Branding, Leadership Skill, Social Media, bahkan Professional MC.

 

Semua ini perlu dipersiapkan agar setiap orang dapat menyampaikan gagasan atau pendapatnya dengan baik kepada lawan siapapun lawan bicaranya.

 

“Kami di IdeAlogic didukung oleh para trainer yang berpengalaman di bidangnya, sehingga bisa menjadi solusi public speaking, baik bagi individu maupun bagi perusahaan. Materi–materi tersebut juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda,” paparnya.

 

Berbarengan dengan peluncuran IdeAlogic, juga diselenggarakan peluncuran buku berjudul “Speak for Money” yang ditulis oleh Hilbram Dunar, salah satu dari tim pengajar di IdeAlogic. Buku ini sengaja diluncurkan pada kesempatan yang sama sebagai cerminan bentuk Public Speaking zaman now, yakni “Speak for Money”.

 

Selain Hilbram Dunar, terdapat sederetan pengajar lainnya seperti 3 Speakers (Uli Herdinansyah - Bayu Oktara dan Hilbram Dunar), Ivy Batuta – Ajeng Hendarmin – Cisca Becker dari TigaMamiKece, Vena Annisa – Vivit Kavi dari V&V, Sogi Indradhuaja, Bona Dea Kometa, dan Chichi Bernardus.

 

Sederet pengajar lainnya yang sudah mumpuni dari dunia broadcasting seperti Daud Tobing, Reno Pellaupessy, Tommy Prabowo, Amy Zein, Liza Harun, Nanang Baskhara, Sahil Mulachela dan Kelas Penyiar Indonesia, juga berada di daftar para pengajar. * (Syam)