Oleh : Syamhudi

 

Jakarta, Mediaprofesi.com - Menanggapi isu rumor penggantian Kapolri, Prof. Dr. H. M. Baharun, SH, MH, Ketua Komisi Hukum dan Perundang-undangan (Kumdang) Majlis Ulama Indonesia (MUI) sebagai mitra kerja dengan kepolisian dan institusi penegak hukum, menilai kinerja Polri pada era saat ini sangat profesional dan modern.

 

"Selama kepemimpinan Jenderal HM Tito Karnavian, Kepolisian RI tampil lebih profesional dan modern," kata Prof HM Baharun. Ketua Komisi Kumdang MUI Pusat pada keterangan resminya kepada redaksi Mediaprofesi.com hari Senin (5/8/2019) di Jakarta.

 

Ia menilai kepemimpinan Kapolri saat ini perlu dipertahankan untuk melanjutkan keberhasilan yang sudah dicapai oleh institusi yang bertanggung jawab atas ketertiban masyarakat dan keamanan negara ini.

 

Dia menilai bahwa Jenderal Pol Prof. HM Tito Karnavian, PhD termasuk Kapolri yang cukup baik hubungannya dengan ormas-ormas Islam.

 

"Di sela-sela Kunker yang dilaksanakan, tak jarang beliau berkunjung ke lembaga keagamaan dan pesantren di mana-mana," kata HM Baharun.

 

Menurut Guru Besar Sosiologi Agama Islam yang juga Ketua PB Ormas Tarbiyah-PERTI ini, Jenderal Tito telah berhasil pula meneguhkan sinergitas TNI-Polri, sehingga memperkuat ketahanan dan keamanan nasional, seperti dirasakan masyarakat luas saat ini.

 

Hal itu sudah terbukti keberhasilannya dalam mengamankan Pemilu dan Pilpres yang kondusif beberapa waktu lalu.

"Menurut saya keberhasilan Polri di era Pak Tito ini harus diapresiasi. Beliau masih lama pensiun, mestinya tetap dimanfaatkan untuk bangsa dan negara," kata HM Baharun.

 

Ia juga telah berhasil meningkatkan kesejahteraan anggotanya sehingga dapat meningkatkan kinerja polisi di lapangan.

 

"Kalau dicari-cari kekurangannya pasti ditemukan, namun jangan lupa institusi kepolisian ini cukup besar dan kompleks. Perubahan ke arah yang jauh lebih baik di era kepemimpinan jenderal intelektual ini layak diacungi jempol," ujar lulusan PPSA XVII Lemhannas RI ini.

 

Baharun cukup mengenal sejak sama-sama mengikuti pendidikan di Lemhannas selama beberapa bulan. "Prestasi beliau luar biasa. Ia dapat penghargaaan lulusan terbaik terus.Orangnya memang cerdas dan baik," katanya.

 

“Bahasa asingnya OK, diplomasinya dengan negara-negara sahabat sangat piawai,” tutup HM Baharun. * (Syam)