Oleh : Syamhudi

 

Jakarta, Mediaprofesi.com - Rumah Sakit Eka Hospital bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor telah mendapatkan hasil pemeriksaan laboratorium atas pasien suspek Novel Corona Virus dari Litbangkes Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada Sabtu, 1 Februari 2020.


 

Pasien dinyatakan Negatif terinfeksi Novel Corona Virus, dan mendapat perawatan lebih lanjut untuk pemulihan kondisi fisik. Saat ini kondisi pasien semakin stabil dalam pemantauan tim dokter spesialis, dan telah dipindahkan ke ruang perawatan regular hingga dinyatakan benar-benar sehat untuk pulang.

 

Seperti dijelaskan sebelumnya, pasien suspek masuk dari polklinik Eka Hospital Cibubur di Kota Wisata pada Rabu malam (29 Januari 2020), dan langsung diarahkan ke IGD untuk mendapatkan penanganan langsung di dalam ruang isolasi dengan sistem steril yang sangat aman, sehingga tidak menyebabkan risiko infeksi kepada pasien lain, petugas, maupun pengunjung di rumah sakit.

 

Pasien dalam perawatan dan pemantauan 24 jam oleh tim dokter spesialis untuk memastikan kondisinya stabil,” ujar Dr. James Carlos – Director of Corporate Customer Relation Eka Hospital dalam keterangan resminya kepada redaksi Mediaprofesi.com hari ini, Senin (3/2/2020) di Jakarta.

 

Rumah Sakit Eka Hospital secara sigap, kooperatif,dan komprehensif melakukan tindakan pertolongan pertama kepada pasien suspek Novel Corona Virus (Pneumonia Tiongkok) sesuai dengan prosedur penanganan penyakit tersebut.

 

Manajemen Eka Hospital berterima kasih kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor dan Litbangkes Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang telah berkoordinasi untuk melakukan tindakan pertolongan pertama sesegera mungkin, serta atas kepercayaan yang diberikan kepada tim dokter Eka Hospital Cibubur untuk merawat pasien secara komprehensif.

 

Eka Hospital menghimbau masyarakat untuk waspada dan segera memeriksakan diri ke rumah sakit atau layanan kesehatan yang komprehensif jika terdapat gejala demam dan gangguan pernapasan yang mengarah pada kecurigaan adanya penyakit pneumonia, terutama jika baru saja kembali bepergian dari luar negeri. * (Syam)