PALANGKA RAYA, KP - Setelah lama ditunggu jajaran pers dan masyarakat luas, akhirnya A Teras Narang SH, menyatakan siap maju kembali sebagai bakal calon Gubernur Kalteng periode 2010-2015 bersama pasangan idealnya Ir A Diran yang selama hampir lima tahun ini memimpin provinsi kaya sumber daya alam (SDA)-nya.


Pernyataan maju kembali sebagai incumbent pada Pemilu Kepala Daerah (Pilkada)
di Kalteng tersebut disampaikannya saat membuka Seminar Musyawarah Wilayah Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) di Asrama Haji Palangka Raya, dihadiri sejumlah tokoh adat di Kalteng, Senin (18/1).

``Saya tidak ingin masyarakat Kalteng dan teman-teman wartawan berlama-lama lagi menanti pernyataan dari saya, sebab memang sudah banyak desakan dan menunggu kapan saya menyampaikannnya, kini saatnya saya sampaikan, papar Teras.

Pernyataan maju kembali menjadi calon gubernur disampaikannya kembali pada peresmian Rumah Sakit Islam Muhammadiyah yang terletak di Jalan RTA Milono, dihadiri Ketua Umum DPP Muhamadiyah Prof. Dr. Din Syamsudin MA, Wakil Gubernur Ir. A. Diran sebagai pasangan tetapnya, unsur muspida dan sejumlah tokoh Muhammadiyah Kalteng.

``Memperhatikan berbagai masukan, dan pertimbangan dari semua pihak, di sini --- di Asrama Haji--- pada hari ini saya menyatakan meneruskan, melanjutkan dan menuntaskan pembangunan di Kalteng, tandas Teras yang disambut tepuk tangan peserta seminar.

Teras-Diran maju melalui Partai PDI-Perjuangan Kalteng, yang telah menyatakan mencalonkan pasangan ini pada Rapat Kerja Daerah (Rakerda) partai tersebur akhir Desember 2009 lalu.

Menjawab pers disela acara tersebut, alasannya maju kembali sebagai balon Gubernur, karena memang sebagian pelaksanaan pembangunan selama ia jadi gubernur belum tuntas. Seperti infrastruktur jalan dan jembatan yang dulu 85 persen belum tuntas kini tersisa 15 persen, begitu pula bidang kesehatan, dan pendidikan yang harus terus dibenahi. Termasuk bidang energi kelistrikan, pembangunan rel kereta api, dan paling utama masalah Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Kalteng (RTRWP), yang rencananya Gubernur pada tanggal 21 Januari menemui Menteri Kehutanan baru untuk membicarakannya lagi di Jakarta.

Masalah RTRWP tersebut menjadi salah satu penghambat utama proses percepatan dan lajunya pembangunan di Kalteng, khususnya masuknya investor perkebunan, pertambangan maupun sektor lainnya.

Meski demikian, selama kepemimpinannya, A. Teras Narang SH Ir. A. Diran, mencatat pertumbuhan ekonomi yang cukup baik, rata-rata mencapai 6,2 persen per tahun.

Selama ini baru satu bakal calon Gubernur Kalteng yang siap maju pada Pilkada 2010, yakni Achmad Amur SH kini Bupati Pulang Pisau, rencananya melalui Partai Golongan Karya.

``Namun sejauh ini DPD Golkar Kalteng sendiri belum mengajukan calonnya, karena masih dalam proses penjaringan dan survei, tandas Ketua DPD Golkar Kalteng, Ir. A. Razak kepada pers sebelumnya. (drt/K-2 / Kalimantan Post)