Oleh : Pratama

Batulicin, SMBorneo.com - Kendati masih di bilang muda usia HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) Cabang Tanah Bumbu (Tanbu), namun Dewan Pimpinan Cabang HIPMI Kalimantan Selatan telah memberikan kepercayaaan Kabupaten Tanah Bumbu untuk  menjadi tempat peyelenggara rapat Pleno Daerah I Badan Pimpinan Daerah (BPD)  dan Badan pimpinan Cabang  (BPC) se Kalimantan Selatan. Penunjukan ini sebuah kehormatan bagi HIPMI Kabupaten Tanah Bumbu, khususnya pemerintah setempat.


Seperti disampaikan Ketua HIPMI Kalimantan selatan Ichwan Ramlan, ia sangat salut atas  kesiapan HIPMI Kabupaten  Tanah Bumbu dalam melaksanakan rapat pleno Daerah Badan Pimpinan Daeran dan Badan Pimpinan Cabang  yang dilaksanakan. Padahal, HIPMI Kabupaten Tanah Bumbu  tergolong muda. ``Karenanya wajar kita memberi aplus untuk HIPMI Kabupaten Tanah Bumbu. Selain itu kita juga salut dengan pengurus yang ada, para anggota tampil seragam, oleh karana itu sekali lagi kita ucapkan salut,’’ ucapnya.

Luar biasa kesanggupan HIPMI Tanah Bumbu, katanya. Selain menyampaikan ucapan  salut atas persiapan penyelenggraan, Ichwan juga menyampaikan HIPMI adalah sebuah organisasi pengusaha Indonesia yang cukup besar, seluruh Indonesia tidak kurang dari 500 organisasi HIMPI  tersebar di tanah air. Jadi keberadaan HIPMI sudah tidak asing  bagi kalangan dunia usaha,  itu dikarenanakan sepak terjang organisasi ini begitu besar dalam upaya memajukan dunia usaha di tanah air.

Kita sebagai angotanya harus bisa menempatkan posisi di setiap sektor usaha. HIPMI  juga harus dapat bersaing khususnya dalam  menghadapi era China – Asean Free Trade Area (CA-FTA) 2010 ini, karena di era ini pruduk  luar, khususnya dari negara China masuk dengan bebas ke negara kita. Secara langsung  CA-FTA, memberi dampak kurang bagus kepada produsen  di dalam negeri. Oleh sebab itu, kita perlu mengimbanginya.

Tentu saja harus bisa melakukan manuver cost untuk  menekan  biaya pruduksi atas suata pruduk yang kita hasilkan, supaya produk kita pun bisa bersaing  dengan produk yang dihasilkan  negara China yang masuk ke negara kita.

`Perlu kita siasati hal itu dengan menekan biaya produksi atas barang yang kita hasilkan, tentunya  pemerintah harus memberi dorongan kepada industri dalam negeri dengan memberi kemudahan atas produsen penghasil barang dengan cara mepersingkat birokrasi perijinan, pengurangan pajak dan hal lain,  khususnya untuk usaha  kecil yang permodalannya masih terbatas supaya  mereka tetap bisa hidup. Lebih lanjut disampaikan bahwa dalam waktu yang tidak lama HIPMI juga akan  melaksanakan Mukernas di Batam, rencana nya Mukernas  akan dibuka oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono di Jakarta.

Untuk itu, kepada semua Anggota HIPMI baik yang di daerah maupun provinsi Kalimantan Selatan supaya bisa berhadir. Ini acara yang sangat berarti  bagi kita semua, kita sangat mengharap para anggota HIPMI bisa hadir di acara itu nantinya  bebernya.

Sementara itu Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar yang diwakili Kepala Dinas Perindustrian Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah  Drs H Abdul Gafar dalam sambutannya, menyampaikan permintaan  maaf atas ketidakhadiran dalam acara ini, karena Bupati sedang ada tugas lain.

HIPMI, ujar Abdul Gafar, merupakan organisasi pengusaha muda, tentu saja tergabungnya orang-orang muda di organisasi ini, dapat memberi kontribusi kepada pemerintah daerah, masyarakat juga bangsa dan negara. ``Kita ingin  Tanah Bumbu maju tentunya HIPMI ikut serta di dalamnya”, pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua HIPMI Kabupaten Tanah Bumbu periode 2009 -2012 Yandi Kamitomo mengatakan HIMPI kabupaten, ini baru saja dibentuk. (han/K-3/Kalimantan Post/Syam)