Oleh : Pratama

Martapura, SMBorneo.com – Pembangunan jalan merupakan salah satu tugas utama Pemkab Banjar menuntaskannya, tidak terkecuali jalan poros desa sepanjang 1.132,14 km, disamping jalan kabupaten sepanjang 747,58 km.

Rusaknya jalan poros desa dari Bunipah ke Desa Panggang Aluh–Aluh sempat dikeluhkan masyarakat, namun Pemkab tetap akan bekerja keras memperbaikinya berdasarkan skala prioritas disebabkan kemampuan anggaran yang terbatas.

``Mohon kesabaran masyarakat dalam memperjuangkannya bersama stakeholder terkait sesuai mekanisme perencanaan pembangunan,’’ tandas Kabid Bina Marga Dinas PU Banjar Ir Hilman, Kamis (18/2).

Hilman menjelaskan, mekanisme perencanaan pembangunan dibahas dan dimusyawarahkan pada Rakorbang yang dimulai dari tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten, pada saat Rakorbang inilah ditentukan skala prioritas. ``Jadi Pemkab sama sekali tidak bermaksud melakukan diskriminasi dalam pembangunan jalan,’’ ujarnya.

Hilman menerangkan, perihal rusak beratnya jalan Desa Panggang atau Kampung Panggang (Tatah Panggang) pada Desa Aluh-Aluh Kecil Dalam, Pemkab sendiri sudah menanganinya bertahap.

``Anggaran 2007, pada tahap awal telah diperbaiki Jembatan Ulin Simpang Pipih akses ke Desa Bunipah dan direncanakan kegiatan PNPM di desa dimaksud,’’ katanya.

Sedang pada APBD 2010 ini, sambungnya, telah pula dialokasikan dana Rp 200 juta untuk perbaikan jalan Desa Bunipah-Balimau-Aluh Aluh Kecil- Aluh Aluh Kecil Muara, panjang keseluruhannya sekitar 10 km.

``Dengan dana terbatas tersebut, akan ditentukan bersama prioritas penanganan secara bertahap, sehingga keseluruhan panjang jalan ditangani secara berlanjut setiap tahun,’’ tandasnya.

Sementara soal jalan di Desa Tatah Belayung yang dikeluhkan warga kondisi jalannya selalu rusak dibanding desa tetangga, menurut Hilman, Pemkab sendiri tetap memberi perhatian dengan menganggarkan perbaikan Jalan Belayung Baru pada APBD 2010 ini.

``Saat ini masih dalam tahap proses pelelangan umum, dimohon kesabaran masyarakat menunggu proses sehingga ditetapkan pemenang lelang yang nantinya akan melaksanakan pekerjaan perbaikan jalan dimaksud,’’ katanya.

Pada bagian lain Hilman menambahkan, Pemkab merencanakan awal April pelaksanaan fisik pekerjaan sudah dimulai, total jalan ditangani sepanjang 3.000 meter sampai batas Kota Banjarmasin.

``Dengan rincian, produk akhir perkerasan LPA Kelas B sepanjang 500 meter dan LPA Kelas B dilapisi Burtu sepanjang 2.500 meter,’’ ujarnya. (wan/K-5/Kalimantan Post - Syam)