Oleh : Pratama

Batulicin, SMBorneo.com - Rencana Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), akan membangun jalan tol dari Kabupaten Tanbu langsung ke Pelaihari Kabupaten Tanah Laut (Tala).
Hal itu, disampaikan Bupati setempat HM Zairullah Azhar, dihadapan Komisi V DPR RI, yang berkunjung ke daerahnya, belum lama ini.

Penyampaiaan rencana Pemkab Tanbu itu, disampaikan bupati, saat digelarnya ekspos pertemuan dengan anggota Komisi V DPR RI, yang membidangi infrastruktur dan perhubungan.

Zairullah Azhar mengatakan, dengan luas wilayah 5000 km persegi dan jumlah penduduk 235.000 jiwa, serta mempunyai beragam suku, dan berada pada kawasan strategis, menjadikan Tanah Bumbu berpeluang cepat perkembangannya.

Namun, untuk lebih mempercepat pembangunan itu, sambungnya, Pemkab Tanbu merencanakan membangun jalan tol sepanjang 99 km, guna mempersingkat jarak dari Kabupaten Tanbu menuju Banjarmasin Ibukota Provinsi Kalsel.

Menurutnya, jalan ini dapat menghidupkan sektor perekonomian, bukan saja Tanah Bumbu, namun efek tersebut juga memberikan dampak positif kepada sejumlah daerah lain yang terkendala pada pemasaran hasil bumi.

``Ekses ini, dapat mengatasi kesulitan kabupaten lain seperti daerah hulu sungai dan beberapa daerah lain, yang tidak mempunyai akses pemasaran hasil bumi lewat  pelabuhan,’’ sebut Zairullah.

Dijelaskannya, Kabupaten Tanbu juga mempunyai potensi untuk pengembangan pelabuhan internasional, hasil tim yang diturunkan beberapa waktu lalu, bahwa kedalaman perairan di daerahnya memadai untuk di kembangkan menjadi pelabuhan angkutan barang dan penumpang.

Meskipun pelabuhan yang ada telah memberikan kontribusi besar terhadap perputaran barang yang menggunakan pelabuhan sebagai sarana sandar kapal angkutan barang.

Sementara itu, Ketua Komisi V DPR RI, Josef Umar Hadi, ketika menanggapi  keinginan Pemkab Tanbu tersebut mengatakan, bahwa keinginan itu akan menjadi perhatian mereka, khususnya Komisi V yang membidangi infrastruktur dan perhubungan. ``Tentu akan kami tampung dan nanti akan kami sampaikan dalam rapat di DPR RI nantinya,’’ katanya.

Dijelaskannya, kedatangan mereka ke Tanbu, tidak hanya dari anggota Komisi V, namun yang datang bersama mereka juga bersama sejumlah Dirjen untuk mendengar langsung dan menyerap aspirasi serta keinginan masyarakat, termasuk keinginan pemerintah daerah setempat, untuk membangun jalan tol dan pelabuhan internasional di daerah ini.

``Sengaja kami libatkan Dirjen dalam kunjungan ini, supaya departemen terkait mendengar dan dapat menyampaikan serta menindaklanjuti pada rapat yang disampaikan di departemen,’’ jelas Josef.

Hadir dalam acara itu, sejumlah anggota DPRD setempat, juga Wakil Bupati Tanbu H Abdul Hakim, Sekretaris Daerah H Zulfadli Gazali dan para pimpinan SKPD di lingkungan Pemkab Tanbu.

Pada kegiatan tersebut, para anggota Komisi V DPR RI juga sempat menyampaikan berbagai pertanyaan dan masukan, terkait perkembangan pembangunan di Tanbu. (han/K-6/Kalimantan Post/Syam)