Oleh : Pratama


Jakarta, MediaProfesi.com - SENKOM (Sentra Komunikasi) MITRA POLRI - selanjutnya disebut SENKOM – menyelenggarakan Musyawarah Nasional ke-3, pada Rabu-Jumat 10-12 Mei 2017 di Asrana Haji Pondok Gede Jakarta Timur.

 

Peserta Munas mencapai angka 3.000 orang, berasal dari perwakilan pengurus di 34 propinsi, dan 495 kabupaten/kota yang kepengurusannya telah dilantik.


“Jumlah peserta ternyata melebihi kuota dan kapasitas, hal ini karena begitu semangatnya para pengurus di provinsi dan kabupaten maupun kota untuk ikut menyukseskan Munas,” ujar Muh. Nur Trijoko, salah satu panitia pengarah (steering committee).


Dalam penyelenggaraan Munas yang berlangsung selama tiga hari, peserta tak hanya melakukan sidang-sidang komisi dan pemilihan ketua umum, namun juga mendapatkan arahan-arahan dari para narasumber tentang berbagai hal terkait peran organisasi SENKOM.


Para pemateri utama ialah berasal dari lembaga negara yang telah melakukan penandatanganan bersama MoU (Nota Kesepahaman) dengan SENKOM, diantaraya adalah Mabes Polri, Kementerian Pertahanan, BNPB, BASARNAS dan BNN, serta Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia & Kebudayaan, Kementerian Perhubungan dan Kementerian Komunikasi & Informasi.


“Lembaga-lembaga negara tersebut kami libatkan dalam memberikan pengarahan kepada peserta, sesuai dengan peran organisasi SENKOM di tengah masyarakat, baik dalam kamtibmas, social kebencanaan maupun hankamnas,” terang Ketua Umum Senkom Mitra Polri, H. Muhammad Sirot, S.H, S.IP.


Dalam Munas ke-3 yang dilaksanakan pada saat organisasi kemasyarakatan SENKOM MITRA POLRI berusia 13 tahun ini, selain dilaksanakan pemilihan ketua umum yang baru, juga dilakukan rembug yang akan menghasilkan gagasan dan rekomendasi-rekomendasi untuk pemerintah.

 

Rekomendasi yang akan disampaikan kepada pemerintah meliputi masalah kamtibmas, kebencanaan, hankamnas dan lain-lain. * (Pra/Syam)