Oleh : Syamhudi

Jakarta, MediaProfesi.com – Emerson Network Power, yang merupakan salah satu bisnis Emerson (NYSE: EMR) dan pemimpin global dalam hal memaksimalkan ketersediaan, kapasitas dan efisiensi infrastruktur penting, kecepatan peluncuran dan efisiensi operasional untuk jaringan komunikasi, hari ini, Selasa (23/7/2013) mengumumkan penunjukan M. Omar Rama Pratista sebagai Telecom Sales Head untuk pasar Indonesia.

 

Di posisi barunya ini, Omar Pratista bertanggung jawab penuh mengelola bisnis telekomunikasi lokal berikut sumber dayanya, mempromosikan solusi enterprise di sales telekomunikasi, dan menjalankan strategi pasar untuk mewujudkan target pendapatan sales perusahaan.

 

Emerson Network Power telah secara konsisten sukses melakukan penetrasi ke pasar telekomunikasi lokal dengan solusi yang bisa ditemui di semua operator jaringan di Indonesia. Seiring dengan naiknya permintaan akan layanan bernilai tambah di antara pelanggan Indonesia, para operator jaringan mengadopsi infrastruktur dukungan data center penting untuk memastikan operasi mereka terus berjalan.

 

“Agar bisa sukses di pasar telekomunikasi Indonesia kita harus memahami kompleksitas yang dihadapi para operator jaringan dalam hal geografis, tantangan terkait uptime, dan aktivitas pelanggan,” ujar Yana Haikal, Emerson Network Power, Regional Director for Telecom Sales in Indonesia,  Malaysia, dan Pakistan.

 

Diakuinya, pengalaman luas yang dimiliki Omar di industri ini memberi panduan akan pendekatan kami, memastikan bahwa kamilah yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan kami yang terus bertumbuh dan selalu berubah.

 

Indonesia sering menjadi kekecualian dalam tren telekomunikasi global dan regional, dengan pola konsumsi pelanggan yang sangat berbeda. Pasar telekomunikasi Indonesia memiliki penetrasi mobile 100% namun hanya 5% yang menjadi pelanggan paska bayar.

 

Mayoritas demografis, dengan rentang usia 10 hingga 39 tahun, adalah pelanggan yang mementingkan harga dan cepat beralih ke merek atau provider lain. Pertimbangan seperti ini sangat memengaruhi layanan yang ditawarkan para operator jaringan, dan efeknya juga pada strategi Emerson Network Power dalam menghadapi pasar Indonesia.

 

Omar Pratista membawa pengalaman 15 tahun ke dalam Emerson Network Power, dan pernah bekerja di sales dan project management di beberapa perusahaan terkemuka seperti Indosat, Datacomm Diangraha, dan Infracell Nustama.

 

Di posisi barunya ini, secara fungsional ia akan berada di bawah Yana Haikal, dan secara langsung berada di bawah Susilo Hadi Sumarsono, Country Manager Indonesia, Emerson Network Power.

 

“Di antara para operator jaringan di Indonesia, Emerson Network Power telah identik dengan inovasi, keandalan, dan efisiensi,” ujar Omar Pratista.

 

Dia berjanji, sebagai kepala bisnis telekomunikasi Emerson yang baru, saya berkomitmen untuk mempertahankan agresivitas kami dalam mendapatkan proyek-proyek infrastruktur telekomunikasi dan memberikan jaringan berkinerja tinggi pelanggan kami dengan solusi terbaik kami.

 

Portofolio solusi terpadu Emerson Network Power bertujuan membantu para operator memangkas OPEX mereka sambil meningkatkan efisiensi di seluruh jaringan.

 

“Emerson Network Power berkomitmen untuk memaksimalkan keandalan sistem dan kapasitas dengan harapan mengurangi beralihnya pelanggan dan secara efektif memastikan keberlangsungan hidup bisnis perusahaan. Kami menjaga agar bisnis pelanggan terus berjalan,” ujar Pratista.

 

Pratista meraih gelar Sarjana Teknik, jurusan Elektronik dan Telekomunikasi dari Universitas Trisakti, Indonesia. Ia ditempatkan di kantor Jakarta, Indonesia. * (Syam)