Oleh : Syamhudi

 

Jakarta, MediaProfesi.com – Setelah 9 tahun menjabat Komisaris Independen, akhirnya PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII), anak perusahaan utama Grup Maybank, mengumumkan penunjukan Taswin Zakaria sebagai Presiden Direktur.

 

Penunjukan ini akan efektif setelah mendapat persetujuan dari regulator terkait dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa.


Taswin Zakaria, 45 tahun dan warga negara Indonesia, adalah Komisaris Independen BII sejak 2004.  Beliau juga Komisaris Independen pada PT Jasa Angkasa Semesta Tbk (anak perusahaan dari SATS Singapore), jabatan yang dipegangnya sejak 2005.

 

Taswin Zakaria sebelumnya menjabat Presiden Direktur PT Indonesia Infrastructure Finance pada periode 2010 dan 2011.

 

Sebelum menjadi anggota Dewan Komisaris BII, Taswin Zakaria menjabat Direktur Barclays Bank Plc untuk Indonesia dan Kepala Regional Asia pada Alternate Capital Market/Islamic Finance. Beliau juga menjabat Vice President Deutsche Bank AG Jakarta dan Kepala Divisi Debt Capital Market dan Liability Risk Management.

 

Taswin memulai karir perbankannya di Citibank NA Jakarta sebagai Kepala Divisi Corporate Restructuring dan Project Finance.  Beliau memperoleh gelar Sarjana Akuntansi dengan predikat Cum Laude dari The Ohio State University pada 1991.

 

Presiden Komisaris BII, Tan Sri Megat Zaharuddin Megat Mohd Nor, yang juga Chairman Maybank, mengkaui pengetahuan Taswin yang luas terhadap iklim bisnis di Indonesia, pengalaman di institusi keuangan internasional serta pengetahuan mendalam tentang operasional BII selama menjadi salah satu komisaris kami dalam sembilan tahun terakhir, menjadikan Taswin kandidat terpilih untuk memimpin BII saat ini dalam perjalanan transformasi kami.

 

Tan Sri Megat menambahkan, penunjukan Taswin mencerminkan komitmen Grup Maybank untuk mendorong kepemimpinan lokal di semua negara dimana Maybank beroperasi.


“Kami berada di Indonesia untuk jangka panjang dan makin banyak potensi pemimpin lokal muda, pria dan wanita, yang  dikembangkan selaras dengan potensi yang mereka miliki.  Proses ini juga menunjukkan kemampuan kami untuk bergerak cepat dalam situasi apapun, memperhatikan Presiden Direktur kami sebelumnya mengundurkan diri baru satu bulan lalu,” kata Tan Sri Megat.


Sementara Datuk Abdul Farid Alias, President & CEO Grup Maybank sangat gembira karena Taswin, yang saya kenal lebih dari lima tahun, telah menerima pengangkatan ini.

 

Datuk Abdul Farid Alias menjelaskan, dengan keahlian dan pengalaman di bidang perbankan, yang dilengkapi dengan pengalaman di bisnis lainnya dalam sembilan tahun terakhir, beliau akan membawa wawasan yang mendukung saya dan Grup EXCO, dimana beliau juga akan menjadi anggota, dalam mempercepat perjalanan regionalisasi kami.

 

“Kami memiliki bisnis Investment Banking dan Asset Management di Indonesia. Dan kami mengantisipasi kepemimpinan Taswin di Indonesia tidak hanya menggerakkan BII untuk meraih puncak prestasi baru, tetapi juga mempercepat kesempatan untuk bersinergi dengan Grup Maybank,” ungkapnya.

 

Thila Nadason tetap melanjutkan perannya sebagai Pejabat Sementara Presiden Direktur, hingga Bank menerima persetujuan dari regulator terkait dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa.terkait dengan penunjukan Presiden Direktur baru. * (Syam)