Oleh : Tono

 

Jakarta, MediaProfesi.com - Citrix secara resmi mengumumkan bahwa Kirill Tatarinov telah ditunjuk sebagai Presiden dan CEO, efektif per 26 Januari 2016. Seorang veteran eksekutif Microsoft, Tatarinov juga akan bergabung dengan Dewan Citrix sebagai direktur.

 

Dengan 30 tahun pengalaman di bidang industri, Tatarinov memiliki track record yang panjang dan sukses dalam mengawasi strategi produk dan operasional komersial pada software dan layanan.

 

Latar belakangnya termasuk posisi kepemimpinan di Microsoft selama 13 tahun, termasuk jabatan sebagai Executive Vice President dari Divisi Solusi Bisnis Microsoft di mana ia melipatgandakan pendapatan, meningkatkan profitabilitas, memimpin transformasi divisi ke cloud, dan mengelola ekosistem mitra global.

 

Selama masa jabatannya di Microsoft, ia juga menjabat sebagai Corporate Vice President Divisi Manajemen & Solusi di mana ia mengakselarasi eksekusi strategi produk, yang berhasil meningkatkan pertumbuhan pendapatan.

 

Sebelum Microsoft, Tatarinov adalah anggota dari tim kepemimpinan senior di BMC, di mana ia menjabat sebagai Chief Technology Officer, serta memegang posisi kepemimpinan dalam produk dan pengembangan bisnis.

 

"Direksi menyambut hangat Kirill sebagai Presiden dan CEO baru Citrix," kata Robert Calderoni, Executive Chairman.

 

Calderoni menambahkan, setelah kajian menyeluruh dari setiap kandidat, Dewan Direksi memutuskan bahwa latar belakang manajemen produk Kirill yang kuat dan pengalaman kepemimpinan di bidang teknologi yang luas membuat dia orang yang tepat untuk mengawasi inovasi dan pertumbuhan strategi Citrix.

 

Calderoni menyatakan, merupakan suatu kebahagian bagi saya untuk menjabat sebagai CEO interim, yang bekerja dengan tim Citrix, bersama Dewan Direksi, dan jajaran pemimpin. Ulasan bisnis yang komprehensif kami telah menetapkan kami di jalan yang mendorong pertumbuhan yang menguntungkan, merangkul keunggulan operasional, dan memfokuskan kembali perusahaan pada bisnis inti - pengiriman aman atas aplikasi dan data.

 

“Saya tak sabar untuk bekerja sama dengan Kirill dan seluruh tim eksekutif Citrix dalam peran saya sebagai Executive Chairman,” cetus Calderoni.

 

Tatarinov menuturkan bahwa dirinya merasa terhormat untuk bergabung bersama Citrix di waktu yang menarik ini.

 

"Citrix adalah sebuah perusahaan ikonik dengan merek kelas dunia, produk-produk inovatif, dan basis instalasi besar, termasuk 99% dari Global 500,” ujar Tatarinov.

 

Citrix adalah enabler kunci dari bisnis digital. Di setiap industri dan daerah, pengiriman aman atas aplikasi dan data merupakan hal strategis yang wajib bagi organisasi dari semua ukuran.

 

“Saya tak sabar untuk bekerja bersama para pemimpin Citrix, karyawan berbakat, dan mitra yang berdedikasi di seluruh dunia untuk mendorong batas-batas inovasi dan menciptakan nilai yang lebih besar bersama-sama,” papar Tatarinov.

 

Proses pencarian CEO dipimpin oleh sebuah komite Dewan yang terdiri dari Robert Calderoni (Pemimpin Komite), Godfrey R. Sullivan dan Jesse Cohn, dengan bantuan dari Heidrick & Struggles, sebuah perusahaan pencari eksekutif terkemuka. Dengan kepemimpinan Tatarinov, Dewan Citrix akan terdiri dari 11 direktur. * (Ton/Syam)