Oleh : Syamhudi

 

Jakarta, MediaProfesi.com – Dr. Claus Weidner sosok pria ramah senyum dan mudah bergaul ini dikenal sebagai pria sukses yang sanggup membangun bisnis dan organisasi mapan melalui pendekatan tiga dimensi, yaitu strategi, operasional, dan budaya.

 

Dr. Claus Weidner lulusan Ruhr-Universität Bochum, Jerman itu bakal menduduki jabatan sebagai Presiden Direktur dan Chief Executive Officer (CEO) PT Mercedes-Benz Indonesia efektif mulai tanggal 1 November 2011.

 

Posisi yang baru di jabat Weidner ini adalah menggantikan pejabat sebelumnya Rudi Borgenheimer, yang telah memasuki masa pensiun per tanggal 1 September 2011.

 

Pergantian jajaran tinggi di perusahaan otomotif Jerman di Indonesia ini merupakan bagian dari siklus peremajaan manajemen yang bertujuan untuk lebih memperkuat posisi Mercedes-Benz sebagai pemimpin segmen kendaraan premium di Tanah Air.

 

Weidner sebelumnya menjabat sebagai Chief Operating Officer (COO) di Mercedes-Benz Hong Kong Ltd sejak Desember 2007.

 

"Target saya adalah mempertahankan dan mendorong performa Mercedes-Benz di Indonesia agar tetap menjadi pemimpin segmen kendaraan permium di Indonesia,” kata Weidner.

 

Selanjutnya Ia melihat bahwa Indonesia merupakan salah satu pasar penting bagi Mercedes-Benz. “Dan ini menjadi tantangan tersendiri bagi saya serta manajemen yang akan saya pimpin ke depan,” tambah sosok berpengalaman di Mercedes-Benz.

 

Ia mengawali karir di Mercedes-Benz sebagai Manager East Asian Markets pada Mercedes-Benz AG (1995-1998).

 

Pria dengan latar belakang pendidikan Master of Arts and Post Graduate Research in Economic / Social History of Japan and China in Universities of Tübingen and Tokyo, pada tahun 1983-1994 melanjutkan pendidikannya di Academy for Business and Administration, Stuttgart, Jerman pada tahun 1994 – 1996 ini juga mendapatkan gelar Doktor di bidang Japanese Economic and Social History, Ruhr-University Bochum, Germany pada tahun 1998.

 

Dalam tugas barunya di  PT Mercedes-Benz Indonesia Weidner akan memimpin dalam pengembangan serta pelaksanaan strategi, visi, dan manajemen perusahaan untuk pemasaran kendaraan penumpang Mercedes-Benz, sub-merek AMG, smart, serta kendaraan-kendaraan komersial Mercedes-Benz. * (Syam)