Oleh : Wahyu

Jakarta, MediaProfesi.com – Rotary Club Jakarta Batavia baru saja merilis sebuah buku berjudul JAKARTA BANGET : Antologi Cerita Kehidupan di Jakarta (Oleh : The Jakartans, Penerbit Nulisbuku.com).

Ini adalah sebuah buku tentang seluk beluk kehidupan di kota Jakarta yang melibatkan 47 penulis yang berasal dari khalayak umum dari beragam latar belakang profesi, diantaranya Jurnalis, Dokter, Guru, Seniman, Mahasiswa, dan lain sebagainya.

Buku ini merupakan sebuah projek kreatif dari Rotary Club Jakarta Batavia, di mana seluruh keuntungan royalty dari penjualan buku ini akan digunakan untuk program amal (charity) yang ditujukan kepada para penyandang disabilitas.

Latar belakang penerbitan buku Jakarta Banget ini adalah keinginan Rotary Club Jakarta Batavia untuk mengapresiasi kota Jakarta dalam bentuk sebuah karya buku, sekaligus untuk menjadikannya sebagai media kreatif untuk penggalangan dana.

Karena itu Rotary Jakarta Batavia mengundang khalayak umum untuk berpartisipasi di project ini untuk mengirimkan tulisan dan seluruh tulisan yang terdapat di buku Jakarta Banget merupakan hasil seleksi ketat dari puluhan karya tulis yang masuk ke Tim Redaksi yang terdiri dari Penulis, Editor, dan Jurnalis profesional.

Buku Jakarta Banget sendiri terdiri dari kumpulan cerita (fiksi dan non fiksi) tentang warna warni kehidupan di kota Metropolitan ini.

Jakarta memang bukan hanya macet atau banjir, tapi masih banyak hal menarik yang bisa diceritakan dari kota ini seperti perjuangan perantau yang ingin sukses di ibukota,  kisah yang bisa ditemui dari jalanan Jakarta, hingga kisah cinta dan romantisme tentang Jakarta, adalah suatu cerita yang mengisi Jakarta Banget.

Untuk penerbitan buku Jakarta Banget ini, Rotary Jakarta Batavia bekerjasama dengan nulisbuku.com, sebuah penerbit independen pertama di Indonesia yang menggunakan system print on demand, dimana pembelian buku hanya bisa dilakukan secara online melalui www.nulisbuku.com .

Dengan menggunakan system penjualan buku secara online seperti ini, diharapkan buku Jakarta Banget bisa di akses oleh siapapun dari berbagai penjuru Nusantara dan bahkan oleh mereka yang tinggal di luar Indonesia. Silahkan klik link berikut untuk preview tentang buku Jakarta Banget http://www.nulisbuku.com/books/view/jakarta-banget-antologi-cerita-kehidupan-di-jakarta.

Acara launching buku Jakarta Banget diadakan pada hari Sabtu 23 Juni di Museum Sejarah Jakarta (Museum Fatahillah) dengan mengundang ke 47 penulis yang menjadi contributor di buku ini sekaligus untuk memperingati hari ulang tahun kota Jakarta yang ke 485 tahun.

Selain peluncuran buku, di acara ini juga diadakan acara Treasure Hunt dimana keseluruh hadirin diajak untuk mengeksplorasi Museum Sejarah Jakarta sambil mengenal lebih jauh tentang sejarah kota Jakarta dengan cara yang asyik dan seru. Peluncuran buku JAKARTA BANGET  ini juga sekaligus menjadi kado ulang tahun kota Jakarta tercinta. * (Wah/Syam)