Oleh : Pratama

Jakarta, MediaProfesi.com - PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk Serang Mill, salah satu unit usaha APP, menerima penghargaan “Social Business Innovations Award 2012” melalui program corporate social responsibility (CSR) kerajinan kertas daur ulang (recycled paper) yang dilakukan salah satu mitra binaannya, Mitra Kreasi.

Penghargaan ini bentuk apresiasi yang diberikan oleh Majalah Warta Ekonomi kepada perusahaan berprestasi di Indonesia yang dianggap berhasil mengembangkan inovasi-inovasi dalam program tanggung jawab sosial perusahaan menuju perusahaan yang sustainable melalui keseimbangan aspek sosial kemasyarakatan (people), tanggung jawab terhadap lingkungan (planet), dan memenuhi kepentingan stakeholder perusahaan (profit).

Corporate Affairs and Communication Director APP, Suhendra Wiriadinata menyatakan APP melalui unit-unit usahanya memang terus berupaya untuk memberikan manfaat atas keberadaannya di tengah-tengah masyarakat.

“Kerajinan daur ulang kertas yang dilakukan Mitra Kreasi, mampu menghasilkan produk yang kreatif, bermanfaat dan berkualitas,” ujar Suhendra dalam siaran persnya kepada redaksi MediaProfesi.com (8/1/2012).

Suhendra berharap melalui pengembangan kerajinan ini, kelak dapat lahir usaha kerajinan yang bisa memicu munculnya para pengusaha kerajinan baru yang dapat memberi dampak positif pada ekonomi lokal maupun nasional.

Kemitraan Indah Kiat Serang dengan Mitra Kreasi dimulai dari pertemuan dengan Farid, 38 tahun, warga Serang, seorang korban pemutusan hubungan kerja. Di tengah kegalauannya, ia bertemu dengan tim Community Development Indah Kiat Serang.

Farid diminta untuk membuat kerajinan tangan dari kertas dan kardus bekas. Tantangan itu ia terima. Bingkai foto dari kardus yang disodorkan sebagai contoh pun ia bongkar. Selama empat bulan ia mencoba menemukan cara memproduksi barang-barang kerajinan daur ulang tersebut.

Farid bersemangat karena melihat apa yang dilakukan oleh Indah Kiat Serang tidak main-main. “Mereka serius memberdayakan masyarakat. Itu yang membuat saya semangat pantang menyerah,” ujarnya.

Indah Kiat juga tak lupa memberikan dukungan pelatihan. Selama masa bimbingan itu, Farid sama sekali tak mengeluarkan biaya apapun. Hasilnya, kemitraan dengan Mitra Kreasi pimpinan Farid berlangsung mulus dan berbuah positif hingga sekarang.

Berbagai produk baru dibuat oleh Mitra Kreasi seperti miniatur phinisi dan becak, stationery set dan lainnya. “Rezeki saya mengalir dari sini sekarang,” aku Farid.

Saat ini Mitra Kreasi mempekerjakan 12 orang pekerja kreatif. Mereka mendapatkan upah mingguan untuk setiap produk yang dihasilkan. Rata-rata para pekerja, menurut Farid, dapat mengantongi upah Rp25.000 per hari.

Selain itu mereka juga mendapat jatah makan siang. Sementara semua produk Mitra Kreasi diserap oleh Indah Kiat Serang. Sedangkan bahan baku disediakan oleh Indah Kiat.

“Sebenarnya banyak kesempatan di sekitar Pabrik Indah Kiat, asal ada kemauan dari masyarakat untuk mengembangkan diri,” ujar Farid lagi. * (Pra/Syam)