Oleh : Syamhudi

Jakarta, MediaProfesi.com – Sinar Mas bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) kembali mengadakan bazar minyak goreng murah pada bulan Ramadhan tahun ini untuk yang kedua kalinya.

Sinar Mas dalam kegiatan bazar kali ini menyalurkan sebanyak 5.000 liter minyak goreng merek Kunci Mas prduksi PT SMART Tbk dengan harga Rp 9.000 per liter, atau lebih murah sebesar Rp 2.500 dari harga pasar, dimana berdasarkan data Kementerian Perdagangan harga minyak goreng curah per tanggal 31 Juli 2011 tercatat sebesar Rp 11.500 per liter.

Ketua Dharma Wanita Persatuan BPN, Sri Kusumo Amdani mengatakan, bazar seperti ini kita lakukan setiap tahun pada bulan suci Ramadhan dan jelang Idul Fitri. Sedangkan bersama Sinar Mas dalam mendistribusikan minyak goreng murah ini untuk yang kedua kalinya, setelah Ramdhan tahun lalu kita sukses melaksanakannya.

“Harga minyak goreng yang disalurkan ini lebih murah dari pasaran, sehingga ikut membatu mengurangi beban karyawan dan masyarakat,” ujar Sri Kusumo Amdani kepada MediaProfesi.com di sela Bazar yang dilaksanakan di kantor BPN Jakarta, hari ini, Kamis (2/8/2012).

Ia juga mengharapkan ke depannya agar kegiatan bazar seperti ini akan terus dilanjutkan dan semakin berkembang baik pesertanya mau pun kualitasnya.

Salah satu karyawati BPN yang ditemui redaksi MediaProfesi.com usai membeli minyak goreng, Suli mengamini harga yang di jual disini sebesar Rp 18.000 untuk kemasan 2 liter.

“Lumayan lebih murah sebesar Rp 5.000 untuk 2 liter, kan kita bisa buat beli yang lain,” ujar Suli sambil tersenyum gembira ditengah naiknya harga komoditi di pasar saat ini.

Sedangkan Managing Director Sinar Mas, G. Sulistiyanto mengatakan bahwa partisipasi Sinar Mas dalam kegiatan bazar dengan menyalurkan minyak goreng sebanyak 5.000 ton dengan harga murah yaitu Rp 9.000 per liter, sebagai komitmen Sinar Mas dalam membantu pemerintah mengantisipasi meningkatnya harga barang kebutuhan pokok.

“Terutama sekali mengantisipasi kenaikan harga minyak goreng, dan sekaligus kami ingin berbagi meringankan beban masyarakat yang melaksaakan ibadah puasa dan jelang Idul Fitri 1433 H,” ujar G. Sulistiyanto yang turut hadir dalam mendampingi kegiatan bazar ini.

Menurutnya, praktek ini sejalan dengan prinsip keseimbangan antara aspek ekonomi, sosial dan lingkungan yang kami anut. Minyak goreng produksi PT SMRT Tbk (PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk) yang kami distribusikan sekarang juga diproduksi berlandaskan atas prinsip tersebut dan kegiatan bazar ini sendiri merupakan bagian program corporate social responsibility (CSR) kami.

Rangkaian bazar minyak goreng dimaksudkan selain menjadi bagian dari program CSR perusahaan, juga termasuk dalam program kepedulian Sinar Mas jelang peringatan hari jadinya yang ke 75 tahun pada tahun 2013 mendatang.

Sinar Mas melalui PT Sinar Mas Agro Resources & Technology Tbk. (SMART) dengan dukungan pilar usaha lainnya selama ini aktif terlibat dalam berbagai operasi pasar serta bazaar, utamanya di pulau Jawa dan sebagian Sumatera.

Sejak tahun 2005 hingga kini, lebih dari 28 juta liter minyak goreng telah disalurkan bagi warga masyarakat di berbagai kota. Pencapaian ini tahun 2008 diapresiasi Museum Rekor Dunia - Indonesia (MURI) dalam bentuk penghargaan sebagai “perusahaan yang konsisten berkesinambungan menyelenggarakan pasar murah minyak goreng.”

Dalam kegiatan ini telah diikuti sebanyak 24 stand dari Dharma Wanita Persatuan BPN dari Jakarta, Banten, Jawa Barat dan Jawa Timur. Dalam kesempatan ini panitia juga membagikan 1.000 paket kepada karyawan-karyawati BPN, mulai dari level Cleaning Service, sopir, karyawan golongan I, II dan III. * (Syam)