Oleh : Muhammad

Yogyakarta, MediaProfesi.com – Dalam rangkaian kegiatan milad ke-31 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), maka Asia Pulp and Paper (APP) turut berpartisipasi dengan mewakafkan ratusan kitab suci Al Quran untuk masyarakat di sekitar Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Kegiatan wakaf Al Quran ini diserahkan langsung oleh Direktur Corporate Affairs & Communication APP, Suhendra Wiriadinata kepada Rektor UMY Prof. Bambang Cipto, MA, disaksikan Sri Sultan Hamengkubuwono X, di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Sabtu 20 April 2013.

Sementara kehadiran Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam kegiatan ini, selain turut menyaksikan penyerahan Al Quran secara simbolis, dan sekaligus menyampaikan orasi budaya.

Al Quran ini nantinya akan dibagikan kepada masyarakat di sekitar kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan juga ranting Muhammadiyah.

“Wakaf Al Quran ini merupakan salah satu komitmen kami membantu membangun aspek spiritual generasi muda, selain tentunya untuk berbagi kepedulian,” ujar Direktur Corporate Affairs and Communication APP, Suhendra Wiriadinata.

Rektor UMY Prof. Bambang Cipto, MA menyambut gembira program Corporate Social Responsibility (CSR) yang difasilitasi oleh APP ini.

“Membangun dan mengembangkan masyarakat terutama di sekitar kampus tentu menjadi tanggung jawab kami juga. Kami berharap, ke depan program seperti ini akan berkembang dan mencakup wilayah yang lebih luas,” ujar Bambang.

Al Quran yang diwakafkan diproduksi menggunakan Sinar Tech atau lebih dikenal dengan Quran Paper (QPP), jenis kertas yang dikembangkan APP melalui PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk Tangerang Mill.

Kertas ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan umat muslim akan kertas kitab suci yang berkualitas, dengan tekstur khusus. QPP yang dalam penggunaan pada kondisi normal dapat bertahan hingga 100 tahun.

Kertas ini terlah mendapat sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) karena diproses dengan mengedepankan kehalalan, baik dari sisi bahan baku, proses produksi, penyimpanan hingga distribusi.

Bersama dengan pilar usaha Sinar Mas lainnya, sejak 2008 Sinar Mas telah mewakafkan lebih dari 65.000 Al Quran ke sejumlah kelompok masyarakat dan lembaga pendidikan di berbagai lokasi.

Sementara pendistribusian buku tulis yang sudah berlangsung sejak tahun 2007 silam telah mencapai jumlah jutaan eksemplar dengan khalayak penerima umumnya adalah para siswa yang berada di sekitar fasilitas produksi pilar usaha Sinar Mas. * (Muh/Syam)