Oleh : Syamhudi

Jakarta, MediaProfesi.com – Menyumbang darah adalah perbuatan, karena dapat menyelamtkan jiwa orang lain. Dan sebagai donor, tentunya darah yang diberikan sudah dijamin sehat dan aman kepada penderita yang membutuhkan.

“PMI DKI Jakarta membutuhkan sedikitnya 800 – 1.000 kantong darah per hari,” kata Murdiati Umbas, Wakil Ketua Bidang Pelayanan Kesehatan PMI DKI Jakarta dalam kata sambutannya pada acara donor darah yang dilaksanakan Senayan City, di Pre Function The Hall, Lantai 8, Senayan City, Jakarta, hari ini, Selasa (23/4/2013).

Murdiati mengungkapkan, pada saat ini orang yang datang ke kantor PMI DKI Jakarta untuk menyumbangkan donor darahnya sekitar 200 orang atau hanya didapatkan sekitar 200 kantong darah per hari.

Dengan demikian PMI DKI Jakarta sangat membutuhkan kantong darah dari berbagai lapisan masyarakat. Dan PMI DKI Jakarta mentargetkan perolehan kantong darah untuk tahun 2013 sebanyak 310.000 kantong darah darah.

“Kami sangat menghargai upaya yang dilakukan manajemen Senayan City dalam kegiatan donor darah secara rutin menyelenggarakan kegiatan donor darah setiap 4 bulan sekali. Dan setiap kegiatannya menyumbangkan sebanyak 500 kantong darah,” jelasnya.

Hal serupa juga sering dilakukan oleh berbagai perusahaan dan organisasi kemasyarakatan dalam kegiatan donor darah. Tapi, ujarnya, hal tersebut dilakukan biasanya hanya setahun sekali baik berkenaan dengan hari ulang tahun perusahaan, hari besar nasional, mau pun hari besar keagamaan.

Hal tersebut dibenarkan COO Senayan City, Henny R. Uno bahwa mal merupakan lokasi yang strategi sebagai tempat melakukan aksi social donor darah. Karena keberadaan mal selain sebagai pusat perbelanjaan dan sebagai tujuan wisata, maka mal juga dijadikan sebagai meeting point dalam berbagai hal.

Senayan City sebagai superblock yang meliputi mal, office tower dan apartemen memiliki peluang lebih besar dalam mendapatkan calon pendonor ketika menggelar aksi social donor darah.

“Pada kegiatan gelaran donor darah yang ke-14 ini, kami mentargetkan sebanyak 500 kantong darah yang didapatkan dari karyawan/staf Senayan City, karyawan yang berada di sekitar Senayan City, komunitas, masyarakat sekitar dan masyarakat umum serta pengunjung mal yang datang pada hari pelaksanaan donor,” ujar Henny yang juga turut mendonorkan darahnya.

Lebih lanjut Henny menjelaskan, setetes darah yang diberikan pendonor akan menjadi sangat bermanfaat untuk masyarakat yang membutuhkan. Oleh sebab itulah pula yang melatarbelakangi diberikan tema dalam kegiatan donor darah kali ini yaitu “Setetes Darah untuk Kehidupan”.

Ditaambahkannya, setiap orang dapat menjadi pendonor dalam aksi ini, tentunya dengan ketentuan persyaratan kesehatan dari PMI. Kami juga memfasilitasi para pengunjung setia Senayan City yang ingin mendonorkan darahnya kapan saja dengan menyediakan Unit Donor Darah (UDD) di area Crystal Lagoon, yang beroperasi setiap hari dari pukul 11.00 – 18.00 WIB, kecuali hari libur nasional. * (Syam)